Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Usaha Jual Undangan Digital: Cara Modern Dapatkan Omset Besar

Usaha jual undangan digital bisa memberikan omset yang besar jika pelaku bisnisnya mau rajin beriklan dan berinovasi. 

Entah dari mana asal ide Anda untuk mendirikan sebuah usaha yang menjual undangan digital, bisa disetujui bahwa ide ini memang ide yang bagus untuk berbisnis di zaman yang serba digital ini.

Usaha jual undangan digital bisa saja tidak terselamatkan jika berdiri beberapa waktu silam, sebab di waktu yang sebelum-sebelumnya orang lebih tertarik untuk menggunakan undangan hard copy atau cetakan langsung.

Namun tidak untuk di masa sekarang ini, masa yang semuanya sudah modern sehingga hampir semua orang pasti memiliki perangkat elektronik. 

Perangkat elektronik yang dimaksud adalah handphone, sebagai media nantinya pemilik acara untuk menyebarluaskan info acara yang akan diadakan.

Dibanding undangan offline atau undangan cetak, undangan digital lebih dilirik di masa sekarang ini. Memiliki kelebihan yang akan dirasakan penyelenggara acara sekaligus tamu undangannya, 

ketahui apa saja yang membuat usaha ini akan memiliki banyak peminat, apa saja yang harus dipersiapkan, dan tabel perhitungan perkiraan keuntungan yang bisa didapat.


Kelebihan Usaha Jual Undangan Digital

Ada kelebihan yang dimiliki produk undangan digital sehingga menjadi kelebihan untuk usaha yang menjual produk ini juga. Bisa dikatakan produk ini menjadi sebuah inovasi atas beberapa masalah dan kondisi yang sekarang ini.

Masalah sebelumnya adalah bahwa undangan yang terbuat dari kertas, bisa menjadi kendala bagi penerimanya. 

Harus bertemu langsung dengan penerimanya atau orang yang bisa menyampaikannya untuk bisa sampai, riskan hilang, dan setelah acara, mau sebagus apapun undangannya pada akhirnya tidak memiliki value apapun.


https://www.cariduit.id/2020/08/produksi-sendiri-vs-jual-produk-orang.html


Bagi penyelenggara acara, harus mengeluarkan biaya ekstra, yaitu untuk memesan desainnya dan untuk mencetak. Apalagi jika harus ada biaya transportasi untuk menyampaikan undangan ini.

Undangan digital menjadi inovasi yang solutif karena bisa disebarluaskan dengan cara yang sederhana, biaya yang dibutuhkan lebih sedikit, dan penerimanya bisa mendapatkannya dengan mudah pula.

Hanya berbekal sosial media atau aplikasi chatting, antara penyelenggara acara sudah bisa memberikan undangan formal maupun non formal untuk tamu yang dipilih. 

Hanya dengan itu saja, setelahnya penerima tak perlu berhadapan dengan undangan hilang sehingga tak perlu tanya-tanya. 

Sebab kapan saja ingin mengetahui  jadwal dan lokasi acara, bisa langsung buka handphone untuk melihat undangan digital ini. Sangat solutif bukan?


Persiapan Untuk Memulai Usaha Jual Undangan Digital

Di ulasan berikut ini akan disebutkan apa saja yang akan dipersiapkan sebelum menjalankan usaha jual undangan digital. Persiapannya beragam dan sebenarnya sangat tergantung dengan kondisi pelaku bisnis yang sekarang.

Apakah pelaku bisnis ingin mempekerjakan karyawan atau mengerjakan pesanan sendiri, apakah pelaku bisnis punya ruang usaha sendiri atau akan memasarkan secara online atau menyewa ruang usaha. 

Berikut beberapa persiapan untuk usaha jualan undang digital secara umum, namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi pelaku bisnis.


1. Mengikuti Kursus Untuk Menambah Skill

Kursus akan membantu Anda memiliki lebih banyak skill dalam membuat desain nantinya. Lagipula kursus tidak melulu membuat Anda harus membayar, sudah banyak kursus atau pelatihan yang diberikan secara cuma-cuma, Anda pun juga bisa menambah skill dengan belajar secara otodidak jika memang lebih tertarik demikian.

Skill yang ada nanti tentu sangat membantu dalam menjalankan usaha jual undangan digital. Skill untuk menggunakan software grafis seperti Corel Draw atau Photoshop misalnya.

Bisa menambah skill yang sedang atau ringan saja, juga bisa sampai yang advanced jika memang Anda ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan kedepannya. Namun jika saat ini juga Anda memang sudah punya skill, persiapan ini bisa diabaikan.


2. Membuat Portofolio Sebanyak-Banyaknya

Setelah memiliki skill cukup untuk menggunakan software desain grafis, langkah selanjutnya adalah untuk menyiapkan portofolio atau desain undangan sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak di desain yang dibuat, semakin besar pula daya tarik usaha jual undangan digital bagi pelanggan maupun calon pelanggan. Sebab nantinya mereka akan memiliki lebih banyak pilihan sehingga merasa lebih leluasa.

Buatlah portofolio yang jenisnya beragam, seperti misalnya sample atau desain untuk undangan pernikahan, undangan pesta, undangan syukuran, dan lain-lainnya. 

Tipsnya adalah untuk menyediakan pilihan desain dengan harga yang bervarian supaya semakin besar target pasarnya. Sebab mereka bisa menyesuaikan dengan budget, tanpa harus meninggalkan usaha Anda dan memilih usaha orang lain.

Misalnya dengan menyediakan pilihan desain harga 100 sampai 150 ribu, kemudian desain seharga 150 sampai 200 ribu, dan seterusnya.


3. Menyiapkan Perangkat yang Mendukung

Sifatnya wajib namun kemungkinan besar persiapan ini sudah dilakukan oleh Anda. perangkat yang dimaksud adalah alat elektronik untuk memproduksi desain itu sendiri, entah itu laptop atau komputer.

Mengapa dinilai sudah disiakan oleh Anda sendiri, sebab untuk memiliki ide usaha jual undangan digital, pastinya sebelumnya Anda telah memiliki latar belakang teknologi atau desain grafis.


4. Melakukan Marketing yang Tepat

Lakukan marketing yang tepat supaya apa yang Anda tawarkan bisa benar-benar dipahami oleh calon pelanggan. 

Pastikan mereka menyadari value produk yang Anda tawarkan. Pastikan juga mereka tahu bahwa apa yang Anda tawarkan adalah sebuah solusi, caranya adalah dengan menyuguhkan apa saja kelebihan dari undangan digital. Apa materinya sudah Anda ketahui di basahan sebelumnya.

Miliki sebuah website atau setidaknya sosial media khusus yang menampilkan portofolio atau pilihan desain Anda. 

Sebab dari sini lah Anda bisa menarik daya beli pelanggan. Namanya saja undangan yang bersifat digital, maka harus ditawarkan secara digital supaya lebih efisien.


5. Merekrut Karyawan (Opsional)

Persiapan yang selanjutnya ini bersifat opsional, yaitu untuk merekrut seorang atau beberapa karyawan. Di sisi lain Anda tetap bisa menjalankan bisnis jual undangan digital ini sendirian (mengerjakan sendiri).

Masing-masing pilihan ada plus minusnya, jika mengerjakan sendiri maka Anda bisa hemat pengeluaran. 

Dan jika merekrut karyawan, Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Jika nanti usaha Anda terus berkembang dan mulai keteteran mengerjakan pesanan, sebaiknya segera saja rekrut pegawai. Sebab, hal ini bertujuan untuk tetap menawarkan desain yang bagus kualitasnya.


https://www.cariduit.id/2020/08/produksi-sendiri-vs-jual-produk-orang.html


Tabel Perhitungan Perkiraan Modal dan Keuntungan

 

Usaha jual undangan digital memang benar-benar bisa memberikan keuntungan yang besar. Berbekal dengan skill atau mempekerjakan seorang desainer grafis, Anda sudah bisa dapatkan keuntungan yang besar meski bisnis Anda Nanti sifatnya startup (masih baru).

Berikut adalah rincian modal yang harus disiapkan hingga perhitungan keuntungan yang bisa didapat dalam hitungan bulanan.


https://www.cariduit.id/2020/08/produksi-sendiri-vs-jual-produk-orang.html


Dalam tabel di atas digunakan perkiraan selama satu bulan. Anda sudah memiliki portofolio atau pilihan desain sehingga nantinya bisa langsung digunakan karyawan yang Anda pekerjakan.

Dengan catatan ruang usaha yang digunakan adalah milik sendiri (tidak sewa atau kontrak), Anda hanya perlu modal untuk listrik dan menggaji karyawan. 

Listrik dihitung sekitar 300 ribu rupiah saja karena hanya nyala satu perangkat komputer dan pencahayaan saja.

Kemudian untuk desain yang dijual, sebenarnya bisa ditawarkan dengan harga yang bervariasi tergantung pesanan. Namun dalam tabel di atas akan dipukul rata satu desain dijual 150 ribu rupiah.

Dengan perkiraan tersebut, bisa didapatkan keuntungan sebesar 900 ribu rupiah dalam satu bulan. Ini hanya berlaku jika hanya 20 undangan digital saja yang dipesan, jika bisa lebih dari itu tentunya akan lebih besar keuntungan usaha jual undangan digital ini.


Siap Mencoba Usaha Jual Undangan Digital?

Usaha jual undangan digital sifatnya masih cukup baru. Apa yang menjadi tantangan di kemudian hari adalah untuk mengedukasi pelanggan supaya paham dengan apa yang ditawarkan bisnis Anda dan bagaimana cara kerja produk Anda.

Usaha untuk mengedukasi pasti ada suatu saat nanti. Dan akan menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan pengiklanannya. 

Meski begitu, tetap saja usaha jual undangan digital adalah bisnis yang masih minim pesaing. Belum banyak yang menjual produk desain grafis ini sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda pelaku bisnis ini. 

 


Post a Comment for " Usaha Jual Undangan Digital: Cara Modern Dapatkan Omset Besar "