Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Penting untuk Diketahui


Saat ini investasi bodong viral di media sosial. Tah heran jika saat ini pula banyak sekali korban dari investasi tersebut. 

Jumlah kerugiannya pun juga bermacam - macam. Ada yang ratusan ribu bahkan juga ada yang tertipu hingga ratusan juta rupiah. 

Investasi bodong itu sendiri adalah jenis investasi yang meminta sejumlah uang pada para investornya untuk melakukan penanaman modal pada sebuah bisnis yang dari awal tidak pernah ada. 

Nantinya uang dari para investor itu oleh pihak tersebut akan digelapkan atau dibawa kabur. Telah banyak kejadian investasi bodong viral di sosial media saat ini. 

Terlebih di masa - masa pandemi yang memang mayoritas orang – orang membutuhkan uang sehingga akan mudah sekali terbujuk. 

Investasi bodong memberikan iming - iming pada calon investornya mengenai imbal hasil yang besar. Biasanya investasi bodong OJK tersebut akan memanfaatkan pengetahuan dari para investornya yang minim terhadap investasi.

Oleh karena itulah, di sini Anda perlu mengetahui apa saja ciri - ciri dari investasi bodong agar nantinya tidak mudah tertipu. 

Hal tersebut sangatlah diperlukan agar dapat mengamankan uang dan Aset Anda. Berikut ini adalah ciri - cirinya yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain yaitu :

Apa Saja Ciri - Ciri Investasi Bodong yang Perlu Diketahui ?


1. Memperoleh Keuntungan dalam Waktu yang Terlampau Singkat

Ciri yang pertama dari sebuah investasi bodong yaitu menawarkan keuntungan dalam kurun waktu yang terlampau singkat. 

Padahal di sini prinsip dasar sebuah investasi yaitu makin pendek jangka waktu investasi serta makin kecil risiko yang ditanggung, otomatis keuntungan yang diperoleh pun juga akan makin rendah. 

Tapi sebaliknya,  jika waktu investasi semakin panjang dan resiko yang di tanggung pun juga makin besar, maka imbal hasil yang akan didpaat juga akan besar. 

Sedangkan pada investasi bodong ini Anda akan ditawarkan keuntungan yang sangat besar dengan waktu yang singkat dan juga resiko yang sangatlah minim. Jika Anda memperoleh penawaran tersebut, maka Anda perlu untuk berhati - hati.


2. Tidak Memiliki Perizinan

Sebuah investasi yang legal dan resmi tentunya akan mengantongi izin. Izin tersebut akan didapat dari otoritas Jasa Keuangan. Investasi yang disini hanyalah penipuan maka mereka tidak akan memiliki izin resmi dari OJK. 

Oleh karena itulah, periksalah apakah investasi yang hendak Anda ikuti tersebut merupakan investasi yang legal atau investasi bodong OJK. 

Jika nyatanya perizinan yang dimiliki masih bermasalah, maka jangan ambil resiko membuang waktu dan uang Anda untuk menanam modal di investasi bodong OJK tersebut.


3. Metode Penjualan Tidak Resmi

Ciri – ciri selanjutnya yang perlu diketahui dari investasi bodong tersebut yaitu, mereka memiliki penjualan yang tidak resmi. 

Sementara investasi yang dilakukan secara legal akan melakukan penjualan, baik itu berupa reksadana, saham, emas dan lain sebagainya secara resmi. 

Baik itu melalui website ataupun jenis - jenis penjualan lainnya. Ketika Anda berhadapan dengan investasi bodong, maka nantinya Anda akan melihat cara penjualan investasi mereka terkesan tidak resmi atau abal - abal.


4. Menawarkan Imbal Hasil yang Besar

Ciri - ciri dari sebuah investasi apakah bodong atau tidak yaitu dari imbal hasil yang ditawarkan. Investasi bodong pada umumnya akan menawarkan return atau keuntungan yang terlampau tinggi.

 Memang tujuan dari kegiatan investasi adalah untuk mencari keuntungan. Namun tentunya di sini keuntungan yang didapat masih bersifat masuk akal. 

Pada umumnya keuntungan dari sebuah investasi yang dilakukan secara jangka panjang yaitu berkisar antara sebesar 15 hingga 20%.

Akan tetapi jika di keuntungan yang ditawarkan dari investasi tersebut melebihi angka yang sudah dijelaskan di atas, maka disini Anda patut untuk waspada. Seperti contohnya investasi bodong telegram yang sempat marak terjadi beberapa waktu lalu. 

Di dalam investasi tersebut para korban mengaku bahwasanya imbal hasil yang akan mereka dapatkan cukup besar. 

Karena itulah banyak sekali orang yang mulai terjebak dan ikut serta menanam modal di investasi bodong telegram. 

Agar dapat membedakan antara investasi yang baik atau hanya penipuan, di sini Anda harus membandingkan keuntungan yang ditawarkan dengan bunga deposito. 

Jika keuntungan dari investasi tersebut jauh melebihi angka bunga deposito, maka bisa jadi penawaran yang datang pada Anda tersebut merupakan investasi penipuan. 

Karena memang investasi yang wajar akan menawarkan imbal hasil yang juga wajar.

Benarkan Dituntut Mencari Anggota Baru Merupakan Ciri – ciri dari Investasi Bodong ?


5. Dituntut Mencari Anggota Baru

Beberapa investasi bodong biasanya akan menuntut Anda yang telah bergabung untuk mencari nasabah baru. 

Itu merupakan salah satu ciri sebuah penipuan yang di sini berkedok investasi. Nantinya Anda sebagai investor akan didesak untuk sebanyak-banyaknya merekrut anggota baru. 

Jika disini kegiatan merekrut anggota baru merupakan hal yang wajib dan dipaksakan oleh mereka, maka dapat dipastikan investasi tersebut hanyalah investasi yang bersifat bodong saja. Beberapa investasi bodong viral juga mensyaratkan para investornya mencari anggota baru.


6. Tidak Transparan

Di dalam sebuah investasi, sebuah dana akan dikelola oleh seorang manajer investasi yang benar - benar berpengalaman dan terpercaya. Selain itu mereka akan transparan mengenai pengelolaan dana tersebut. 

Sebaliknya di sini investasi bodong mempunyai pengelolaan dana yang sangatlah tidak jelas dan menimbulkan pertanyaan. 

Ketika Anda mencari jawabannya, mereka pun susah untuk menjelaskan kepada Anda. Anda perlu curiga jika investasi tersebut, karena ada kemungkinan besar merupakan investasi yang hanyalah bersifat bodong saja.


7. Produk Ataupun Perusahaannya Tidak Jelas

Saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi, maka sebaiknya Anda investasi di perusahaan yang memiliki produk jelas.

Karena salah satu ciri dari investasi yang bersifat bodong yaitu produk serta perusahaan yang dikelola tidaklah jelas. Anda akan kesulitan untuk mencari informasi yang valid mengenai perusahaan tersebut. 

Bahkan ketika Anda meminta penjelasan yang mendetail mengenai pengelolaan dana, umumnya pihak dari investasi tersebut hanya akan berbelit-belit saja. 

Karena itu Anda perlu berhati-hati ketika menemukan tawaran investasi yang demikian. 

Terlebih saat ini yang memang tengah marak investasi bodong telegram yang menyasar semua kalangan usia. 

Agar terhindar dari penipuan itu, Anda bisa mengakses website resmi milik OJK untuk mencari tahu apakah perusahaan atau produk investasi sudah terdaftar atau belum.


8. Keuntungan Macet

Ciri - ciri lain yang yang bisa Anda lihat dari sebuah investasi yang bersifat bodong yaitu keuntungan macet. Beberapa investasi bodong memang memberikan hasil di awal tepat sesuai dengan yang dijanjikan oleh mereka. 

Hal itu bertujuan agar nantinya calon investor semakin percaya dan mulai menambah dana lebih besar lagi. 

Ketika Dana yang lebih besar mereka setor, keuntungan yang seharusnya mereka dapat tiba-tiba berhenti atau macet. Maka saat itulah Anda bisa mengetahui bahwa investasi yang Anda ikuti tersebut hanyalah bersifat bodong.

Post a Comment for " Ciri-Ciri Investasi Bodong yang Penting untuk Diketahui"