Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Cara Bisnis Ikan Cupang Hasilkan Cuan Jutaan

Bidang dan lahan bisnis dari dulu memang selalu memiliki peluang yang tidak ada habisnya. 

Dari waktu ke waktu, hampir semua orang berusaha untuk membangun dan membuat bisnis di berbagai bidang dan peluang investasi, dalam jenis usaha yang baru ataupun yang telah ada, yang biasanya disertai dengan modifikasi untuk memenuhi kebutuhan pasar bisnis.

Demikianlah kenyataannya, semua Orang tidak akan pernah berhenti mencari ide dan peluang bisnis baru, untuk mendapatkan keuntungan dan demi memenuhi kebutuhan keluarga. 

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai salah satu bentuk bisnis yang sangat menjanjikan jika ditekuni dengan baik, yaitu bisnis ikan cupang, bagaimana caranya? simak uraiannya berikut ini.

Mengapa bisnis ikan Cupang begitu menjanjikan ? jawbannya sederhana, karena jenis warna Ikan ini sangat disukai banyak orang, sebagai hiasan aquarium maupun kolam. 

Menurut para penyuka dan pencinta ikan cupang, ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang kecil mungil dengan ukuran sirip yang sangat lebar berwarna cantik. 

Warna dan Bentuk inilah rupanya yang membuat daya tarik tersendiri sekaligus menjadi nilai jual yang mahal pada ikan ini. 

Dengan warna dan bentuk tubuhnya ini pula, ikan cupang sangat potensial dijadikan lahan bisnis, dengan hasil dan keuntungan yang sangat besar.


Bagaimanakah cara bisnis ikan cupang ? simak uraiannya berikut ini:


1. Mengetahui Secara Mendalam Cara Pemeliharaan Ikan Cupang

Dalam bisnis apapun, pengetahuan yang memadai tentang objek bisnis adalah sebuah hal yang wajib dimiliki, demikian juga dengan bisnis ikan cupang, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memahami secara mendalam ilmu dan pengetahuan yang berkaitan dengan ikan cupang.

Apabila Anda telah memahami berbagai hal tentangnya, tugas anda selanjutnya mencari bibit yang unggul dan berkualitas. 

Pencarian bibit ini adalah hal yang sangat penting, sebab kualitas hidup dan ketahanan bibit ikan cupang anda ditentukan oleh seberapa berkualitas bibit yang anda dapatkan.


2. Pahami Perbedaan Jenis-Jenis Ikan Cupang

Anda perlu bisa membedakan antara ikan cupang jantan dan juga betinanya. Sebab, Keduanya sangat mudah dibedakan karena mempunyai perbedaan cirri fisik dan bentuk tubuh yang cukup jelas, yang menyebabkan anda akan mudah mengenalinya. 

Ikan Cupang Jantan ditandai dengan gerak tubuhnya yang sangat aktif dan lincah, ekor dan sirip yang lebar dan mengembang, warna yang lebih cerah, dan ukuran tubuh yang lebih besar.

Adapun ikan cupang betina, ia dikenali dengan gerakannya yang lamban, ukuran tubuh yang lebih kecil, ekor dan sirip yang lebih pendek, serta warna yang agak kusam.


3. Ciri Ikan Cupang Yang Siap Dikawinkan

Ciri ikan cupang jantan yang siap kawin adalah :

1) Berumur 4 hingga 8 bulan,  

2) badan berbentuk panjang, 

3) Sirip yang panjang,

4) warna kulit terang,

5) sehat yang ditandai dengan geraknya yang aktif.

Adapun ciri betina yang siap dikawinkan adalah :

1) berumur 3 sampai 4 bulan, 

2) bentuk badan bulat dengan perut buncit, 

3) sirip pendek berwarna kusam,

4) gerak tubuh yang lamban. 


4.  Proses Pemijahan Ikan cupang


6 Cara Bisnis Ikan Cupang Hasilkan Cuan Jutaan


Berikut ini adalah cara pemijahan ikan cupang, yaitu:

1) Sediakan tempat pemijahan; wadah yang digunakan bisa berupa akuarium, toples plastic, dan lain-lain. Wadah ini nantinya digunakan sebagai wadah untuk menempatkan ikan cupang jantan.

2) Isilah dengan bersih dari sumur dengan tinggi air hingga 15 cm. Paling bagus jika anda bisa menggunakan air dari sungai atau kolam.

3) Tempatkan ikan cupang betina ke wadah yang sama, namun anda perlu memisahkannya dengan plastic khusus. Hal ini untuk memisahkannya dari ikan cupang jantan, meskipun mereka berada pada wadah yang sama.

4) Masukkan pula tumbuhan alami air yang bisa anda dapatkan dari kolam air sekitar rumah anda, misalnya kayambang.

5) . Hindari menggunakan air PAM jika di dalamnya terkandung kaporit. Selain itu, hindari memasukkan tanaman air dengan terlalu padat, karena hal itu akan mengganggu. Meskipun tanaman air tersebut nantinya akan menjadi tempat perlindungan bagi benih ikan cupang yang baru saja lahir.

Waktu yang sangat ideal saat proses pemijahan ikan cupang adalah jam 10 pagi menjelang siang, atau dapat juga pada jam 4 hingga jam 6 sore hari. 

Selain itu, anda perlu menJauhkan tempat pemijahan dari suara bising dan keramaian, karena hal tersebutt itu mengganggu jalannya proses pemijahan.

Saat induk ikan cupang betina memuntahkan anak-anaknya, hanya Dalam waktu sehari telur-telur tersebut akan berubah menjadi burayak, dan akan tetap seperti itu selama 3 hari kedepannya. 

Pada usia ini, Anda belum perlu memberi pakan pada anak-anak ikan cupang tersebut, karena mereka masih terjamin dengan nutrisi alami yang sebelum telah dibawa dari dalam telur. 

Selanjutnya, ada beberapa hal lagi yang perlu anda lakukan, yaitu:

1) Siapkan kutu air seperti larva nyamuk sebagai persiapan bahan makanan ikan cupang kecil;

2) berikan pada anak ikan jika usianya telah lebih dari 3 hari;

3) Lepaskan kembali ikan cupang jantan jika anak ikan telah berusia lebih dari 14 hari;

4) Pindahkan anak-anak ikan ke tempat yang lebih besar;

5) Lakukan pemilahan anak ikan berdasarkan kategori jenis kelamin atau pun warna saat usianya lebih dari 44 hari (1,5 bulan).


5. Bahan Makanan Ikan Cupang

Anda dapat menggunakan pelet khusus sebagai bahan makanan ikan cupang, atau dapat pula dengan larva nyamuk dan cacing sutera. 

Anda bisa mendapatkan pelet di tempat penjualnya, namun untuk larva nyamuk, anda perlu mencarinya sendiri di genangan air maupun di selokan sekitar tempat tinggal anda. Jangan lupa untuk member pakan 4 kali sehari.


6. Cara Merawat Cupang

Cara merawat ikan cupang adalah sebagai berikut:

1) Pastikan bahwa anak ikan cupang telah dipisahkan berdasarkan jenis kelamin; hal ini agar mempermudah perawatan.

2) Gunakan wadah khusus untuk anak ikan yang siap jual.

3) Pastikan bahwa kualitas air yang digunakan terjamin bersih.

4) Hindari menempatkan lebih dari satu ekor ikan jantan pada wadah kecil, karena akan saling menyerang dan merusak tampilan tubuhnya.

5) Paling bagus tempatkan ikan cupang jantan siap jual pada wadah tersendiri ( 1 ekor 1 wadah).

6) Pastikan agar di antara wadah tempat ikan jantan yang satu dengan yang lain tidak tembus pandang, karena ikan-ikan tersebut akan menabrak-nabrak dinding wadah, ingin menyerang ikan di wadah sebelahnya.


7. Pemasaran Ikan Cupang

Proses pemasaran ikan cupang dapat anda lakukan secara langsung di pasar-pasar, atau dapat pula dengan memanfaatkan media social yang saat ini ada. 

Pastikan bahwa anda mengetahui dengan baik berapa harga pasaran ikan cupang di tempat anda menjualnya, hal ini agar anda tidak saling merugikan dengan pedagang lain yang berprofesi sama. 


Post a Comment for " 6 Cara Bisnis Ikan Cupang Hasilkan Cuan Jutaan"