Contoh Analisis SWOT Usaha Aksesoris
Nah, melalui postingan ini, kami akan memberikan hasil analisis terhadap usaha kecil yang cukup menarik ini. Ya, kami mengangkat topik artikel ini yaitu mengenai contoh analisis SWOT usaha aksesoris.
Berhubung di search engine belum ada bahasan tentang usaha ini, maka kemudian kami tertarik untuk membahasnya di hadapan Anda sekalian.
Apa itu usaha aksesoris?
Usaha aksesoris dapat kami kategorikan sebagai usaha atau bisnis kecil. Tapi, meski digolongkan bisnis kecil, bukan berarti pemasukan yang bakal diterima akan kecil juga. Bisa saja berbanding terbalik, yaitu malah memberikan omset yang besar.
Ada beberapa tipe dari usaha aksesoris yang saya pantau. Pertama, mereka yang berjualan di samping jalan raya sambil memaksimalkan kendaraan beroda dua. Kedua, mereka yang sudah memiliki tempat jualan sendiri di tempat wisata. Ini biasanya orang-orang pribumi.
Ketiga, mereka yang berdagang aksesoris di pusat kota. Ini lebih kepada usaha aksesoris besar-besaran. Seperti di kota saya misalnya, ada toko pink. Semua pernak-pernik aksesoris didominasi oleh warna pink. Mulai dari cat dinding tempat berjualannya, hingga warna aksesoris yang dijualnya berwarna pink juga.
Sejauh ini, usaha aksesoris dilabeli sebagai usaha yang tidak mudah basi. Berbeda dengan usaha makanan. Tidak laris beberapa hari saja bisa basi. Tapi, aksesoris karakternya panjang. Jika tidak laku hari ini, mungkin besok dan besoknya lagi dapat terjual.
Apa manfaat dari usaha aksesoris? Ya apalagi selain modal yang dikeluarkan tidak akan setiap hari. Tapi, sekali saja mengeluarkan modal maka sudah cukup. Itu saja. Dan tinggal pemasaran aja yang bagus.
Contoh analisis SWOT usaha aksesoris
Strengths atau kekuatan usaha aksesoris
- Harga lumayan terjangkau untuk konsumen
- Wisatawan asing atau daerah sering membeli satu atau dua buah aksesoris
- Tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar
- Aksesoris penting untuk keperluan motor, mobil, style hidup manusia, dan masih banyak lagi
Weakness atau kelemahan usaha aksesoris
- Beberapa penjual aksesoris bisanya tidak begitu melengkapi barang yang dijualnya
- Hanya menyediakan aksesoris khusus kedaerahan
- Tidak pandai melakukan promosi di sosial media
Opportunity atau peluang usaha aksesoris
- Cukup menjanjikan sebab aksesoris lumayan ramah bagi banyak orang
- Karakter barang cukup panjang usianya
- Lebih fleksibel. Bisa berjualan di sekolah, tempat wisata, keramaian orang, dan lain-lain
Threats atau ancaman usaha aksesoris
- Banyak aksesoris yang serupa sehingga mudah ditiru oleh mereka-mereka yang berencana membuka usaha aksesoris
- Sudah banyaknya usaha aksesoris dalam bentuk tempat yang besar sehingga mereka-mereka yang hanya berjualan aksesoris kecil-kecilan tergusur keberadaannya
Tinjauan SWOT terhadap usaha aksesoris
Katakan lah, sesama-samanya barang, tetap saja ada yang berbeda. Konsumen pun jika tidak menemukan barang yang diincarnya, bisa request ke penjual aksesoris. Jadi, fleksibel saja soal pendapatan mah.
Peluang usaha aksesoris lebih luas lagi
Prospek menjalankan usaha aksesoris
Prospek ketika telah memutusakan untuk menjalankan usaha aksesoris dapat dikatakan sangat bagus serta terbilang cemerlang. Usaha di bidang fashion maupun gaya dalam berpenampilan ini memang angat diminati oleh masyarakat.Dimana dari usaha inilah sudah banyak mencetak pengusaha aksesoris yang sukses. Pilihan terjun dalam usaha aksesoris tentu dapat diambil sebagai salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan atau menguntungkan.
Memulai usaha aksesoris
Jika Anda mantap memutuskan memulai usaha aksesoris memang tidak begitu sulit.Dalam menjalankan usahanya dapat dijalankan dengan modal yang tidak perlu besar, di mana usaha aksesoris dapat dijalankan dengan memanfaatkan pemasaran dengan koneksi teman, saudara, atau kenalan juga dengan promosi fasilitas internet di mana Anda dapat membuikin berbagai akun sosial media yang memudahkan untuk strategi pemasaran.
Anda tidak usah sibuk untuk mencari modal tinggi agar dapat berkercimpung di dalam usaha aksesoris ini sehingga dapat dimulai dengan langkah usaha yang mudah saja.
Pelaku usaha aksesorisnya
Peluang usaha ini bisa untuk dijalankan bagi semua orang yang mempunyai minat menerjuni binsis ini sebagai salah satu cara untuk menambah penghasilan. Pengelolaan usaha ini cukup mudah serta strategi pemasarannya ytidak sulit sehingga bisa dilakukan oleh siapapun.Usaha aksesoris bisa juga bisa dijalankan oleh Anda, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa, maupun pelajar.
Konsumen pada usaha aksesoris
Untuk mencari dan mendapatkan konsumen aksesoris memang tidaklah sulit jika Anda gencar melakukan promosi sehingga akan banyak konsumen yang membeli aksesoris yang Anda jual.Konsumen aksesoris tentu akan diguanakan oleh orang-orang yang membutuhkan mulai dari anak kecil hingga orang tua. Menggait konsumen mulai dari anak TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa atau ibu-ibu, dan nenek-nenek juga dapat dilakukan.
Kebutuhan modal produk untuk aksesoris wanita
Untuk menghasilkan produk aksesoris yang hendak akan dijual maka Anda dapat menjalin kerjasama dengan para supplier. Jika memiliki modal yang terbatas atau relatif kecil, Anda dapat menjadi reseller yakni mengambil barang ke orang lain, selanjutnya jika produk telah laku, lalu Anda baru membayarnya.Selain itu, Anda dapat juga mencari toko aksesoris besar yang menjual harga grosiran sehingga harga barang menjadi murah dan untung lebuh besar. Atau dapat pula dengan cara memproduksi aksesoris rumahan.
Nah, brangkali itu lah tinjauan kami terhadap contoh analisis SWOT usaha aksesoris. Sekian.
Nah, brangkali itu lah tinjauan kami terhadap contoh analisis SWOT usaha aksesoris. Sekian.
Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Usaha Aksesoris"
yuk saling berbagi di kolom komentar