Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ingin Membuka Warung Madura? Simak Tips Berikut Ini!




Membuka warung Madura bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang relatif cukup menjanjikan untuk ditekuni. Terlebih saat ini toko dengan model usaha kelontong ini masih memiliki potensi pasar yang terbilang cukup luas meski harus bersaing dengan Supermarket.


Warung Madura atau yang juga sering dikenal sebagai toko kelontong Madura termasuk jenis usaha yang banyak menjamur. Toko kelontong ini banyak dijumpai diberbagai wilayah baik itu di kota besar maupun juga kota-kota kecil lainnya.


Tips Membuka Warung Madura  Agar Keuntungannya Optimal


Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh toko kelontong Madura adalah buka 24 jam setiap hari. Sehingga memudahkan bagi Anda yang membutuhkan barang-barang kebutuhan sehari-hari meski sudah tengah malam.


Walaupun masih menjadi lini usaha yang relatif cukup menjanjikan, namun Anda tetap harus cermat dalam memulai usaha tersebut. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu dipertimbangkan saat ingin membuka warung Madura.


Membuka Warung Madura Pada Lokasi yang Strategis


Tips pertama yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin mulai membuka toko kelontong Madura adalah dengan pemilihan lokasi. Seperti bisnis pada umumnya, lokasi pembukaan toko akan bisa berpengaruh pada tingkat revenue yang bisa didapatkan dari bisnis tersebut.


Sebisa mungkin Anda perlu membuka toko kelontong Madura pada lokasi yang cukup strategis. Tujuannya adalah agar semakin memudahkan calon konsumen untuk menemukan toko kelontong tersebut.


Beberapa lokasi strategis yang bisa dipertimbangkan antara lain lokasi di pinggir jalan, lokasi yang dekat perumahan, atau bahkan dekat dengan lingkungan kampus. Dengan demikian, potensi untuk bisa mendapatkan calon pelanggan pun akan menjadi semakin besar.


Gunakan Modal Usaha Dengan Cermat


Tips berikutnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan saat ingin membuka toko kelontong Madura adalah terkait modal. Seperti yang sudah diketahui bahwa membuka usaha toko kelontong tentunya membutuhkan modal yang relatif besar. Bahkan umumnya lebih besar ketimbang membuka usaha sembako skala rumahan.


Pasalnya ada banyak barang dan alat yang perlu dilengkapi pada toko tersebut. Mulai dari barang-barang kebutuhan pokok, minuman ringan, dan berbagai jenis barang-barang penunjang lainnya. Sehingga setiap rincian modal perlu dihitung dan dipertimbangkan secara cermat.


Anda perlu merinci setiap pengeluaran modal dengan cermat dan tepat untuk mengurangi potensi terjadinya pembengkakan biaya. Modal biaya yang terlalu bengkak, akan bisa berpengaruh pada proses keberlangsungan usaha yang Anda miliki tersebut.


Pilih Penjaga Warung yang Terpercaya


Sebagai warung kelontong yang buka 24 jam setiap hari, tentunya Anda tidak mungkin menjaga seorang diri. Sehingga membutuhkan bantuan tenaga dari orang lain yang akan menunggu toko tersebut secara bergantian.


Pada beberapa kasus, pemilik toko bahkan mempekerjakan orang lain sepenuhnya untuk menjaga toko kelontong Madura tersebut. Biasanya, penjaga yang dipilih adalah sepasang suami-istri dan keduanya pun tinggal di toko kelontong tersebut.


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kalau Anda memilih penjaga warung yang memang terpercaya. Selain memilih tenaga kerja yang terpercaya, Anda juga perlu memilih pekerja yang rajin bekerja sehingga toko kelontong Anda pun bisa lebih berkembang.


Jika memungkinkan, Anda bisa memilih penjaga warung yang memang sudah Anda kenal sebelumnya. Misal tetangga terdekat, kerabat dekat, atau orang-orang yang memang sudah Anda kenali kepribadian dan juga latar belakangnya.


Pantau Toko Warung Madura Secara Berkala


Meskipun Anda sudah mempercayakan pengelolaan toko tersebut pada orang lain, namun Anda tidak boleh lepas tangan sepenuhnya. Anda tetap perlu memantau terhadap kinerja dan juga performa dari toko kelontong yang dimiliki tersebut.


Sehingga Anda tetap bisa mengetahui performa dan juga perkembangan dari toko yang dimiliki tersebut. Jika memungkinkan Anda perlu mengecek kondisi fisik dari toko kelontong tersebut setiap sebulan sekali atau beberapa bulan sekali.


Toko kelontong Madura yang terkontrol umumnya bisa mempunyai performa dan perkembangan yang lebih optimal. Sehingga Anda pun bisa lebih tenang terhadap proses pengelolaan toko kelontong yang dibangun tersebut.


Buat Laporan Pembukuan Secara Rinci


Tips untuk membuka warung Madura  yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah terkait pembukuan. Perlu Anda ketahui, pembukuan adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Pasalnya, pembukuan ini bisa digunakan untuk mengetahui dan memantau arus masuk dan keluar barang secara keseluruhan.


Maka dari itu, Anda perlu melakukan pembukuan secara detail dan rinci terhadap setiap transaksi yang terjadi pada toko kelontong. Perjalanan arus masuk dan arus keluar barang pun perlu dicatat dengan detail. Termasuk pula dengan seberapa besar pendapatan setiap bulan yang dihasilkan dari toko kelontong tersebut.


Penggunaan pembukuan secara optimal akan membuat Anda bisa lebih memahami terkait kondisi keuangan toko tersebut. Sehingga Anda bisa menilai apakah toko tersebut masih sehat secara finansial ataukah tidak. Nantinya, Anda pun bisa mengambil langkah berikutnya secara lebih bijak.


Hindari Stok Barang Terlalu Banyak


Jumlah stok barang juga perlu mendapatkan perhatian tersendiri bagi Anda yang memiliki toko kelontong Madura. Sebagai toko kelontong, tentunya warung Anda tersebut akan memiliki berbagai macam jenis produk.


Mesi demikian, sebaiknya Anda tetap cermat dalam melakukan stok produk di dalam toko. Hindari melakukan stok produk dalam jumlah yang terlalu banyak. Terutama untuk barang-barang yang termasuk ke dalam slow moving goods atau barang dengan penjualan yang agak lama.


Memiliki stok produk yang terlalu banyak, bisa saja membuat arus keuangan toko menjadi kurang optimal. Sebab ada banyak penumpukan barang yang bahkan bisa mengganggu proses penjualan dan pendapatan toko Anda.


Selain itu, melakukan stok produk terlalu banyak juga bisa mengganggu penyimpanan barang di warung. Biasanya, toko kelontong memiliki ukuran yang relatif cukup terbatas sehingga diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam pengaturan produknya.


Ketika stok produk yang disimpan terlalu banyak maka akan membuat lahan penyimpanan di toko menjadi lebih sempit. Hal ini tentu saja juga merupakan hal yang kurang baik Karena ruang lingkup toko akan menjadi semakin terbatas.


Itulah beberapa tips penting yang perlu dipertimbangkan saat ingin membuka warung Madura






Post a Comment for "Ingin Membuka Warung Madura? Simak Tips Berikut Ini!"