Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Cartridge Printer HP Deskjet

 

Cara Memperbaiki Cartridge Printer HP Deskjet

Saat cartridge printer HP deskjet mengalami kerusakan, mau sebagus apapun fitur yang dimiliki oleh printer tidak bisa menghasilkan kualitas yang maksimal. Jadi, bagi Anda yang memiliki printer, sebaiknya mengetahui cara memperbaiki printer yang rusak. 

Memang lebih baik meminta bantuan ke teknisi komputer yang lebih berpengalaman, namun setidaknya Anda bisa belajar cara memperbaikinya sendiri. Kerusakan pada cartridge printer HP Deskjet 2135 memang cukup rawan mengalami kerusakan, terutama di bagian head cartridge, ink tank, dan chip cartridge. 

Penyebab Cartridge Printer HP Deskjet Rusak 

Pastikan Anda mengetahui ciri- ciri cartridge printer rusak agar lebih waspada.Ada beberapa kemungkinan cartridge printer yang Anda miliki mengalami kerusakan, bisa saja karena tinta printer tersumbat, head cartridge cacat karena tergores benda tajam. 

Namun untuk kasus yang kedua, menurut kami merupakan kerusakan yang sangat fatal dan tidak bisa diperbaiki. Dalam segi perawatan terutama printer, memang membutuhkan waktu yang ekstra dan rutin supaya tidak terjadi kerusakan yang parah.

Ada juga kerusakan akibat tidak terbacanya perangkat cartridge printer oleh sistem operasi. Hal ini disebabkan oleh konektor chip cartridge yang kotor dan mengalami kerusakan. Ada beberapa penyebab printer HP Deskjet 2135 bisa tersumbat:

1.Terlalu Banyak Mencetak

Umumnya kerusakan pada cartridge bisa disebabkan karena printer HP Deskjet mencetak terlalu banyak dalam satu waktu. Hal ini bisa menyebabkan Head menjadi panas lalu bisa merusak Head Printer. Jadi sebaiknya berikan jeda saat melakukan proses pencetakan, agar suhu pada Head Printer tidak terlalu oveheat.

2.Printer Jarang Digunakan

Penyebab lain yang membuat cartridge printer mengalami kerusakan adalah printer jarang digunakan.  Hal ini menyebabkan tinta menjadi kering dan menggumpang sehingga menutupi Nozzle Head.

3. Salah Satu Tinta Jarang Digunakan

Walaupun printer sering digunakan, namun salah satu tinta jarang digunakan bisa menjadi penyebab cartridge mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi pada cartridge berwarna, alhasil tinta pada cartridge tersebut menggumpal dan menyebabkan cartridge menjadi buntu.


Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tersumbat

Setelah mengetahui penyebab cartridge tersumbat, tentu Anda harus mengetahui cara memperbaiki cartridge printer yang tersumbat. Ada beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut, sebagai berikut ini :

1. Gunakan Fitur Head Cleaning

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendeteksi apakah printer HP Deskjet yang Anda miliki mengalami penyumbatan bisa menggunakan fitur Head Cleaning.

Langkah menggunakan fitur Head Cleaning :

Masukkan ke pencarian dan masukkan kata kunci Control Panel

Lalu pilih menu Hardware and Sound dan pilih Devices and Printers

Tunggu beberapa saat sampai muncul printer yang Anda miliki

Lihat printer yang akan Anda lakukan Head Cleaning, misalnya printer HP Deskjet 2135

Klik kanan pada icon printer tersebut, kemudian pilih menu Printing Preferences

Jika halaman Printing Preferences telah muncul, lalu klik Menu Maintance 

Kemudian pilih menu Head Cleaning 

Klik pada menu tersebut untuk melakukan pembersihan pada head, pastikan printer Anda sudah tersambung dengan komputer atau laptop. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Lihat hasil dari cetakan tersebut, apakah bagus atau tidak 

2. Gunakan Alat Penyedot Tinta Khusus

Selanjutnya cara memperbaiki tinta yang tersumbat, Anda bisa menggunakan alat khusus untuk menyedot tinta.

Langkah menyedot tinta dari head cartridge :

Silahkan cabut cartridge printer yang bermasalah

Tempelkan bagian ujung penyedot tinta ke bagian head cartridge, lalu tarik tuas pada penyedot tinta hinggat tinta dari dalam cartridge mengalir keluar dari head cartridge

Lakukan proses tersebut sampai tidak ada yang tersisa dalam head cartridge

Sangat disarankan menggati tinta pada cartridge printer HP Deksjet dengan yang baru

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Cartridge Printer HP Deskjet"