Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Iklan : Pengertian, Contoh, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat dan Jenisnya


Usaha adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan uang dan usaha atau bisnis bisa dilakukan dengan cara menjual produk atau menyediakan layanan jasa. Menjual sebuah produk dan menyediakan layanan jasa memiliki resikonya masing-masing. Salah satu cara meningkatkan popularitas produk atau jasa adalah dengan melakukan promosi dan sistem iklan di Indonesia sudah berjalan sejak jaman dulu. Iklan sangat efektif untuk meningkatkan kredibilitas suatu usaha.
Pengertian Iklan

Iklan adalah salah satu cara untuk menginformasikan suatu produk atau jasa ke masyarakat secara luas dan iklan biasanya berisi suatu pesan yang dikemas dengan cara yang unik untuk menarik minat konsumen. Iklan bisa dipasang pada media online ataupun offline dan setiap media pasti memiliki keunikkannya masing-masing. Ada beberapa media online yang populer di Indonesia seperti Televisi dengan website dan beberapa media offline yang populer seperti majalah, koran dengan tabloid. Untuk biaya pemasangan iklan sangatlah bervariasi, tergantung dari media apa yang digunakan dan media iklan yang paling efektif di Indonesia sampai saat ini adalah televisi.




Contoh Iklan

1. Iklan Barang

Untuk menjual suatu barang, tentu bukanlah hal yang mudah dan sudah banyak pengusaha yang gagal menjual barangnya. Melakukan promosi barang menjadi hal yang sangat penting dilakukan dan iklan barang menjadi salah satu contoh untuk mempromosikan suatu produk atau barang ke masyarakat secara luas. Iklan produk biasanya dipasang diberbagai tempat yang strategis dan banyak juga iklan produk yang muncul di televisi. Iklan yang menjual barang, masuk dalam kategori iklan niaga.

2. Iklan Jasa
Mempunyai usaha di bidang jasa, tentu menawarkan keuntungan yang sangat besar dan salah satu cara memberikan layanan jasa adalah dengan konsistensi yang kuat. Layanan jasa yang dijalankan dengan baik dan konsisten akan bertahan lama. Iklan jasa harus dilengkapi dengan rangkaian kalimat yang tepat dan iklan jasa harus disampaikan dengan jelas, agar konsumen berminat menggunakan jasanya. Iklan jasa bisa dipasang di media offline ataupun di media online dan iklan jasa harus memberikan informasi yang jujur bagipara calon konsumen. 

3. Iklan Lowongan

Jumlah penggangguran di Indonesia memang sangatlah besar dan tidak sebanding dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia. Iklan lowongan pekerjaan sangat dibutuhkan banyak orang dan jumlah pencari lowongan pekerjaan di Indonesia sangatlah besar. Iklan lowongan pekerjaan bisa dipasang diberbagai media online seperti website, media sosial dan berbagai media online lainnya. Banyak juga iklan lowongan yang dipasang dibeberapa tempat seperti pinggir jalan dengan menggunakan baligi dan di koran.

4. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah salah satu contoh iklan yang memberikan informasi positif bagi masyarakat luas dan iklan layanan masyarakat biasanya memiliki pesan sosial yang sangat berguna bagi masyarakat. Iklan layanan masyarakat biasanya dijalankan dengan berbagai tujuan seperti mendapatkan keuntungan, memberikan sajian edukasi, memberikan pengaruh positif dan berbagai tujuan lainnya. Iklan layanan masyarakat bisa memberikan pengaruh terhadap perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Iklan 

Tujuan utama pemasangan iklan adalah memperkenalkan produk atau jasa supaya lebih banyak yang menyukai dan lebih banyak yang menggunakan. Iklan dapat membuat suatu produk atau jasa menjadi laris dipasaran dan keuntungan yang besar menjadi bonus yang dihasilkan dari pemasangan iklan. Iklan biasanya menggunakan gaya bahasa yang persuasif dan seringkali menonjolkan kelebihan dari suatu produk atau jasa. Semakin populer suatu produk, biasanya akan semakin laku dan semakin luas pola pemasaran, akan semakin besar peluang mendapatkan keuntungan besar. Banyak pengusaha yang diuntungkan dengan sistem iklan di Indonesia yang sangat bervariasi.




Ciri-ciri Iklan

1. Persuasif
Iklan biasanya menggunakan gaya bahasa yang persuasif untuk menarik minat banyak orang dan kata-kata persuasif sangat banyak disukai masyarakat Indonesia. Berbagai informasi yang disampaikan dengan cara yang komunikatif dan informatif menjadi salah satu ciri dari iklan. Daya tarik utama iklan adalah dari kekuatan kata-katanya yang menarik minat pembaca.

2. Bahasa

Bahasa yang digunakan untuk iklan biasanya sesuai dengan logika manusia atau masuk akal dan kata-kata yang digunakan biasanya sopan. Bahasa yang dipakai untuk iklan seringkali mudah dipahami dan disukai masyarakat. Banyak juga iklan yang menggunakan bahasa yang unik dan mengandung kata-kata yang menarik untuk dikutif seperti halnya quotes.

3. Penjelasan

Salah satu ciri-ciri iklan adalah penjelasannya yang membahasa mengenai suatu produk atau jasa dan seringkali membahas mengenai cara kerja suatu produk atau jasa. Iklan juga sering menjelaskan kelebihan dari suatu produk atau jasa, tanpa menyoroti kekurangannya dan penjelasan iklan akan tersampaikan dengan baik, apabila pemilihan kata-katanya tepat.

Syarat Iklan

Pada umumnya, iklan harus memenuhi berbagai syarat dan tidak boleh melanggar berbagai aturan yang ada dalam undang-undang periklanan. Ada beberapa syarat utama sebuah iklan seperti iklan harus bersifat objektif, Iklan harus disusun secara proporsional, iklan tidak boleh menggunakan informasi bohong, informasi dalam iklan harus jelas, konten iklan harus padat, kata-kata dalam iklan harus mudah dipahami, iklan dikemas yang cara yang unik, iklan tidak boleh menyakiti, iklan tidak boleh menyinggung, iklan tidak boleh merendahkan dan iklan tidak boleh menghina. Apabila semua syarat utama dapat dipenuhi dengan baik, maka iklan dapat tayang di Indonesia. 




Jenis-Jenis Iklan

1. Jenis Iklan Dilihat Dari Isi

Jenis iklan dilihat dari isi dibagi menjadi 3 macam yaitu iklan pengumuman, iklan niaga atau penawaran dan iklan untuk layanan masyarakat. Iklan pengumuman biasanya digunakan untuk menggumumkan berbagai hal dan iklan pengumuman kebanyakan bersifat formal atau resmi. Iklan niaga adalah iklan yang dilakukan untuk menawarkan suatu produk atau jasa dan tujuan dari iklan niaga adalah mendapatkan konsumen. Iklan layanan masyarakat biasanya dilakukan untuk mensosialisasikan program pemerintah dan iklan ini seringkali digagas oleh pihak pemerintah.

2. Jenis Iklan Dilihat Dari Media

Media yang digunakan untuk memasang iklan sangatlah bervariasi dan setiap media memiliki keunikkannya masing-masing. jenis iklan dilihat dari media yang digunakan terbagi menjadi 2 yaitu iklan elektronik dan iklan cetak. Iklan cetak adalah iklan yang diterbitkan oleh berbagai media cetak seperti majalah, koran dan surat kabar. Iklan elektronik adalah iklan yang dikeluarkan atau muncul diberbagai media seperti radio, televisi dan internet. Media yang digunakan untuk memunculkan iklan memiliki harga yang bervariasi dan media paling mahal masih dikuasai oleh televisi.

3. Jenis Iklan Dilihat Dari Tujuan

Iklan yang diterbitkan, tentu memiliki tujuan tertentu dan cara penerbitan iklan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jenis iklan dilihat dari tujuannya terbagi menjadi 2 yaitu iklan komersil dan iklan non komersil. Iklan komersil adalah iklan yang diterbitkan untuk meningkatkan jumlah penjualan dan menghasilkan keuntungan yang besar. Sedangkan iklan non komersial adalah iklan yang diterbitkan dengan tujuan untuk memberikan edukasi, memberikan ajakan pada hal positif dan memberikan informasi yang sifatnya penting.  

Demikian ulasan lengkap mengenai iklan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

.........................................................

source of picture : "http://www.freepik.com">Designed by rawpixel.com






Post a Comment for "Iklan : Pengertian, Contoh, Tujuan, Ciri-Ciri, Syarat dan Jenisnya"