Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya Untuk Bisnis Anda ?


Pengertian Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran usaha yang dilakukan dengan cara dan teknik tertentu dengan menggunakan fasilitas media digital yang bertujaan untuk mendapatkan traffic, data, dan konsumen.

Marketing atau pemasaran adalah serangkaian upaya untuk menyampaikan, menyebarluaskan, dan menawarkan sesuatu agar tercapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan digital adalah teknologi yang selalu berkembang dan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Contoh-contoh media digital marketing di Indonesia seperti website, sosial media, online store, marketplace, digital payment, aplikasi, search engine, adalah teknologi digital modern yang paling akrab dengan masyarakat saat ini.

Diantara itu manfaat dari digital marketing yaitu untuk membantu pemasaran produk, usaha atau agar bisnis online yang dijalankan lebih modern dan potensial karena mempunyai akses yang sangat cepat dan luas jangkauannya, yakni dengan menggunakan teknik digital marketing.

Kegunaan Digital Marketing Untuk Bisnis

1. Sebagai Target Pemasaran

Tujuan utama dari kegiatan digital marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga dengan digital marketing ini, bisnis yang dijalankan akan lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan dari digital marketing ini adalah untuk mengenalkan suatu produk atau merk kepada masyarakat, karena semakin terkenal suatu merk/brand maka masyarakat semakin mengenal merek atau brand tersebut. Semakin dikenal baik sebuah produk dan merk oleh khalayak, maka akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Sebenarnya meningkatkan brand awareness ini sudah dijalankan sejak dulu seperti beriklan di televisi, baliho, radio sebagai pemasaran konvensional, namun karena saat ini kita berada di era digital yang lebih luas lagi, akan lebih baik jika meningkatkan brand awareness dengan teknik digital marketing, bisa menggunakan display adverstiser Google Ads, atau Facebook dan Instagram.

3. Membangun Database Market

Database ini nantinya dapat anda manfaatkan untuk menawarkan berbagai produk dan jasa bisnis anda melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan digital marketing.

4. Analysis Digital

Setelah menentukan target pemasaran, yaitu menganalisa dan menerapkan sistem digital marketing agar bisnis berjalan dengan efektif dan efisien. Selanjutnya Anda bisa menggunakan beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, perilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga ini semua benar-benar sesuai target pemasaran yang Anda inginkan. Seperti dengan menggunakan Google Analytisc, Search Console, Facebook Ads Manager, Instagram Insigt dll. Tidak seperti marketing offline yang sulit memperkirakan hasil yang akurat dalam kegiatan marketing yang dijalankan, digital marketing memungkinkan  marketer (pemasar) dapat melihat hasil yang akurat sesuai waktu Anda memasukan data. Anda bisa melihat apakah target dari pemasaran yang Anda lakukan sudah menjangkau banyak orang.

5. Mengukur Return on Investment
Dengan menggunakan teknik digital marketing, Anda bisa mengukur ROI (Return on Investment) dari hampir semua aspek upaya pemasaran yang Anda lakukan. Dengan analisis ROI ini maka Anda dapat mengevaluasi efisiensi dari sebuah investasi dibandingkan dengan biaya atau modal awal yang telah dikeluarkan.

6. Mengukur Traffic Website

Dengan teknik digital marketing, Anda bisa melihat jumlah orang yang telah melihat halaman website Anda dalam sekian waktu, untuk melihat trafik website, sekarang ini Anda sudah mudah hanya tinggal menggunakan software traffic digital. Anda juga bisa melihat berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, alat apa yang mereka gunakan, dan dari mana mereka berasal, dan sebagainya.

Hal ini membantu Anda untuk mengutamakan jenis media pemasaran yang seperti apa yang menghabiskan banyak waktu dan pemasaran mana yang lebih efisien, dilihat berdasarkan jumlah orang yang menggunakan media tersebut untuk ke halaman situs Anda. Sedangkan jika anda menggunakan marketing (pemasaran) secara offline (toko), sulit untuk anda mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dengan merk/brand Anda sebelum mereka berinteraksi dengan seorang penjual atau melakukan pembelian.

7. Mengetahui Trend an Pola Perilaku Konsumen

Dengan digital marketing, Anda bisa mengidentifikasi tren dari masing-masing konsumen serta pola perilaku mereka sebelum mencapai tahap akhir dalam perjalanan pembelian mereka yaitu Checkout. Ini berarti Anda dapat membuat funnel yang tepat tentang bagaimana menarik mereka untuk masuk ke halaman website Anda dan mulai melakukan pembelian.

8. Mengukur Performa Konten

Anda bisa mengukur secara pasti berapa banyak orang yang melihat website Anda. Anda dapat mengupload produk anda secara up to date, dan Anda juga bisa mengumpulkan detail kontak siapa saja yang mengunduh konten. Alhasil, Anda Anda dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat di konten Anda.

Demikianlah informasi yang kami bahas tentang Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya Untuk Bisnis Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu bagi kita semua.

Post a Comment for "Pengertian Digital Marketing dan Kegunaannya Untuk Bisnis Anda ?"