Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih OVO atau Dana, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya


Halo Sahabat PECADU  (Pejuang Cari Duit)..
Tahukah Kamu? Bahwa dompet digital adalah salah satu terobosan instrumen pembayaran saat ini. Untuk membayar tagihan, Kamu dapat menggunakan dompet digital yang telah Kamu setor dengan sejumlah Dana. 

Jika kartu kredit membebani Kamu dengan biaya dan prangko keuangan yang tinggi maka dompet digital dapat menjadi solusi yang hemat. Dompet digital ini seperti akun online yang dapat Kamu gunakan untuk membayar tagihan, berbelanja online, dan membeli fasilitas transportasi. 

Seperti OVO dan Dana Kamu perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan dari OVO dan Dana sebagai pertimbangan Kamu dalam memilih dompet digital.

1. Kelebihan dan Kekurangan OVO

OVO adalah aplikasi pintar yang memberi Kamu peluang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat. Kamu dapat menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant OVO.

Bisa juga mengumpulkan dan menggunakan OVO Points di merchant bertkamu OVO Zone. Ada juga dua jenis metode pembayaran, yaitu OVO Cash dan OVO Points. Secara umum, OVO Cash dapat digunakan untuk berbagai pembayaran yang telah bekerja dengan OVO menjadi lebih cepat. 

Sedangkan OVO Points adalah imbalan loyalitas bagi mereka yang melakukan transaksi menggunakan OVO Cash di merchant mitra OVO. Untuk OVO Points sendiri, dapat ditukar dengan berbagai penawaran menarik hingga ditukar untuk transaksi di merchant mitra OVO. 

OVO menawarkan kenyamanan bertransaksi tanpa mengharuskan pelanggannya membawa terlalu banyak uang tunai. Salah satunya cukup untuk menunjukkan aplikasi OVO di mana ada saldo tunai dan poin.

Tidak seperti cashless lainnya, OVO memberikan beberapa manfaat lain seperti kartu kredit. 

a. Kelebihan utama OVO yaitu: 

1. Pembayaran OVO menawarkan kemudahan dalam transaksi dan pembayaran untuk semua kebutuhan di pedagang yang telah bekerja sama. Kamu dapat melakukan transaksi tanpa uang tunai di lebih dari 60.000 outlet / pedagang dari Sabang - Merauke. 

2. Poin Seperti yang disebutkan sebelumnya, OVO tidak hanya menawarkan media pembayaran, OVO juga menawarkan imbalan kesetiaan yang bisa Kamu dapatkan setiap kali Kamu melakukan transaksi di berbagai pedagang yang bermitra dengan OVO.

Setiap kali Kamu melakukan transaksi minimum Rp 10.000, Kamu akan mendapatkan Poin OVO. Setiap 1 OVO Points yang Kamu kumpulkan bernilai Rp. 1.

Selain memiliki banyak kelebihan, OVO juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Kamu ketahui seperti di bawah ini. 

b. Kekurangan OVO :

1. Masih ada tagihan yang tidak lengkap seperti tidak adanya pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, PBB dll. 

2. Peningkatan dari Ovo Club ke Ovo Premiere harus datang langsung ke stan tetapi tidak dapat dilakukan secara online. 

Nah, itulah beberapa diskusi menarik tentang apa itu OVO, kelebihan dan kekurangan yang harus Kamu ketahui. Selain OVO, ada juga beberapa produk uang elektronik lainnya seperti DANA, LinkAja, Gopay dan banyak lainnya.

hal lainnya yang perlu kamu tau soal OVO :

- Cara Mudah Transfer saldo OVO ke dana maupun sebaliknya
- Gunakan OVO mampu mempermudah semuanya
- Darimana Aplikasi OVO dan Dana Memperoleh Keuntungan?


2. Kelebihan dan Kekurangan Dana

Ini sama dengan beberapa dompet digital yang ada saat ini, di mana setiap uang elektronik yang tersedia memiliki fungsi dan manfaat yang sama. Selain ingin membayar tagihan listrik dan internet. Dana juga dapat digunakan untuk pembayaran di beberapa pedagang.

Caranya sangat mudah dan cepat hampir sama seperti OVO, tetapi Kamu harus terlebih dahulu mengecek apakah saldo Kamu mencukupi atau tidak untuk melakukan pembayaran. Adapun cara top up saldo Dana itu sangat mudah dan bisa dilakukan di beberapa tempat yang sudah bisa dilayani. 

Lalu apa itu Dana? Dana adalah uang elektronik berdasarkan layanan pembayaran digital menggunakan aplikasi. Meskipun banyak orang sudah tahu apa itu Dana, tapi ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu tentang fungsi dompet digital dan apa manfaat menggunakan Dana. 

a. Beberapa kelebihan menggunakan Dana adalah:

1. Prosesnya lebih cepat dan mudah
Sama seperti jika Kamu ingin berbelanja online di Bukalapak, Kamu dapat menggunakan saldo Dana Kamu untuk pembayaran barang yang Kamu lakukan di Bukalapak. Bahkan untuk prosesnya sangat mudah dan cepat, tidak seperti menggunakan pembayaran melalui transfer bank. 


2. Banyak promonya
Tentu tidak hanya itu, ada banyak lagi manfaat yang bisa Kamu rasakan. Apalagi jika ada promo yang sedang diadakan, misalnya promo diskon hanya 50% untuk pembayaran Dana di beberapa merchant. 

3. Transfer lebih efisien
Dengan menggunakan promo yang ada, tentunya itu akan sangat bermanfaat bagi kita semua jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. Adapun manfaat lainnya, Kamu dapat mentransfer saldo dengan mudah dan cepat, masih ada banyak manfaat lain yang bisa Kamu rasakan menggunakan Dana.

b. Kekurangan Dana

1. Belum ada untuk pedagang / penjualnya
Jika kita melihat kelebihan dan fungsi dompet digital Dana, tidak ada kerugian. Karena Dana telah menjamin keamanan 100%, jadi kami merasa tidak ada kerugian. Hanya saja masih ada beberapa kekurangan, yang bagi pedagang belum tersedia, tapi ini bukan masalah besar. Karena bagi pedagang yang ada, hampir semuanya telah tersebar di seluruh Indonesia.

1 comment for "Pilih OVO atau Dana, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya"