Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bermain AdSense, Bagus Blog Bahasa Indonesia Atau Bahasa Inggris


Saat memulai blog AdSense hal penting yang dipertimbangkan banyak orang adalah, mana yang lebih bagus, membangun blog berbahasa Indonesia ata berbahasa Inggris? Singkatnya, tidak ada jawaban mutlak mengenai hal ini. Semua tergantung pada anda.

Namun bahasa bukanlah satu – satunya yang berbeda dalam membangun sebuah blog, semua akan tampak sangat berbeda antara satu bahasa dengan bahasa lain. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih bahasa.

Sebelum membahas lebih jauh, saya ingin mengingatkan bahwa dalam proses membuat blog AdSense, ada beberapa tahapan yang harus dilalui seperti: riset kata kunci, membuat konten, dan membangun backlink. Tahapan dasar ini akan terasa sangat berbeda antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Jadi sebelum memilih bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan blog, pertimbangkanlah hal – hal berikut:

1. Kemampuan berbahasa Inggris anda sendiri


Jika anda telah memutuskan membangun blog berbahasa Inggris artinya anda akan berkutat dengan beragam probelmatika blog dengan bahasa Inggris seperti, membalas email atau komentar pembaca, membuat konten, riset kata kunci, mempromosikan konten yang semuanya menggunakan bahasa Inggris. Jadi jika anda sama sekali tidak memahami bahasa Inggris dan mengandalkan sepenuhnya hanya pada penulis konten bahasa Inggris, tidak direkomendasikan untuk membangun blog bahasa Inggris.

2. Menikmati prosesnya


Hal yang sangat penting dalam kesuksesan blog adalah bagaimana si pengelola blog mampu menikmati porsesnya. Sebagian menganggap proses merupakan penderitaan yang harus ditempuh untuk memperoleh hasil berupa pendapatan AdSense. Kenyataannya blogger yang sukses adalah mereka yang menikmati prosesnya langkah demi langkah. Menikmati proses ini penting karena seseorang akan konsisten, fokus dan nyaman dengan segala macam permasalahan blogging yang melanda dan mampu melewatinya.

Kaitannya dengan penggunaan bahasa adalah, apakah anda menikmati poroses membangun blog berbahasa Inggris? Jika tidak, mungkin blog anda tidak akan bertahan lama karena prosesnya dianggap sebagai sebuah siksaan. Banyak blogger Indonesia yang menulis blog bahasa Inggris dengan tujuan memperlancar kemampuan bahasa Inggrisnya, awalnya tidak untuk memperoleh pendapatan AdSense namun pada akhirnya pembacanya ramai.

3. Pengalaman


Terdapat hal yang kompleks di dalam blog yang harus dimengerti. Sebagai pemula, dianjurkan untuk memulai blog berbahasa Indonesia karena membangun blog berbahasa Inggris artinya anda bersaing dengan sekala global. Dengan sedikit penglaman dan pengetahuan, membuat blog berbahasa Inggris untuk memperoleh pendapatan akan membuat anda frustasi karena begitu banyaknya saingan Internasional di seluruh bumi.

Berarti harus lancar berbahasa Inggris baru boleh membuat blog berbahasa Inggris?


Tidak. Asri Tadda dan Yudhi Hermawan adalah contoh blogger sukses yang memulai blog bahasa Inggris saat kemampuan bahasa Inggris mereka masih rendah. Asri Tadda bahkan menyarankan untuk memulai blog bahasa Inggris ketimbang bahasa Indonesia karena potensi pendapatan lebih besar dari pada blog berbahasa Indonesia. Beliau menyarankan untuk menggunakan bahasa Inggris sebisanya untuk menulis konten. Yang penting grammar yang bagus dan tulisan bisa dimengerti.

Selain beberapa hal peronal yang harus dipertimbangkan seperti yang telah dijelaskan diatas, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan blog berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris :

Kelebihan blog berbahasa Indonesia

Mudah dalam menulis konten

Penggunaan bahasa ibu untuk menulis konten memudahkan seseorang dalam menulis konten. Semuanya akan terasa mengalir saja. Maka tulisan akan terlihat lebih personal dan mengena kepada pembaca.

Persaingan mudah

Karena cakupan pembaca se-Indonesia bukan seluruh dunia, maka persaingannya pun hanya di tingkat lokal saja. Untuk blog-blog bahasa Indoesia tidak sekompetititf blog berbahasa Indonesia, akan jauh lebih mudah untuk bertengger di halaman pertama Google ketimbang blog berbahasa Inggris.


Kekurangan blog berbahasa Indonesia

Harga PPC rendah

Ini adalah alasan mengapa sering kali blogger publisher AdSense menomorduakan blog berbahasa Indonesia ketimbang blog berbahasa Inggris. Rata – rata PPC iklan di Indonesia cukup rendah jika dibandingkan blog berbahasa Inggris. Kata kunci yang memiliki PPC yang tinggi (high paying keyword) dalam bahasa Indonesia hanya terbatas pada itu – itu saja seperti mengenai mesin, asuransi dan pajak. Sayangnya kata kunci ini minim pembaca dan blogger berebut menargetkan kata kunci high paying keyword yang semakin sedikit. Meskipun PPC dengan kata kunci tertentu tergolong tinggi untuk bahasa Indonesia, namun blog bahasa Inggris dengan nilai PPC yang sama tidak digolongkan sebagai high paying keyword.

Variasi iklan minim

Blog bahasa Indonesia tidak memiliki banyak pengiklan. Umumnya pengiklan hanya itu – itu saja seperti Lazada, Bhineka, Zalora dan sejenisnya. Karena iklan yang muncul tidak relevan, maka ketertarikan pembaca untuk meng-klik iklan juga rendah. Akibarnya PPC tidak tinggi.

Nice yang sempit

Nice blog tidak sevariatif blog berbahasa Inggris. Misalnya dalam bahasa Inggris anda bisa membuat nice blog tentang budi daya cabai hias. Namun jika anda membuat topik yang sama dalam bahasa Indonesia anda akan memiliki sangat sedikit pengunjung. Membuat nice budi daya cabai hias dalam bahasa Inggris dimungkinkan karena memiliki jumlah pencarian yang tinggi. Jumlah pencarian yang tinggi disebabkan pencarian di lakukan oleh orang – orang di seluruh dunia yang tertarik pada budi daya cabai hias.

Kelebihan blog berbahasa Inggris

Harga PPC tinggi

Karena pengiklan bersaing di tingkat global, maka mau tidak mau mereka membayar lebih tinggi untuk dapat bersaing dengan pengiklan lainnya. Harga PPC yang ditawarkan oleh blog bahasa Inggris jauh lebih tinggi daripada blog berbahasa Inggris.

Cakupan global

Karena bahasa Inggris digunakan oleh banyak negara dan menjadi bahasa Internasional, konten anda akan dinikmati oleh orang di seluruh dunia dari berbagai macam negara.

Tema atau nice sangat luas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, blog berbahasa Inggris memiliki banyak pencari dengan beragam kata kunci yang dapat dipilih sebagai nice atau micro nice blog.

Variasi iklan banyak

Variasi iklan yang banyak memungkinkan pembaca untuk mengklik iklan jika mereka melihat iklan baru yang menarik dan relevan. Iklan yang tampil cenderung relevan dengan konten sehingga klik yang diperoleh dapat lebih tinggi.

Kekurangan blog berbahasa Inggris

Bahasa

Seperti yang telah banyak dijelaskan diawal bahwa tidak disarankan membangun blog bahasa Inggris jika anda tidak mengetahui sama sekali bahasa Inggris. Penulisan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua juga seringkali terlihat kaku dan terlalu formal. Jika anda tidak dapat menulis dalam bahasa Inggris yang baik, anda dapat menemukan penulis bahasa Inggris di Fiverr, iWritter, Freelancer.com dan lain sebagainya.

Persaingan ketat

Ini adalah hal yang harus anda pertimbangkan saat memulai blog bahasa Inggris. Karena cakupan global, anda akan menghadapi blogger tingkat internasional. Jika tanpa pengalaman sebelumnya pada blog bahasa Indonesia yang cenderung perasingannya rendah, sulit untuk memenangkan persaingan di tingkat global pada blog bahasa Inggris sebagai pemula.

Post a Comment for "Bermain AdSense, Bagus Blog Bahasa Indonesia Atau Bahasa Inggris"