Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Menjual Hewan Qurban menjelang Idhul Adha

Strategi Menjual Hewan Qurban menjelang Idhul Adha


Apakah terbesit dibenak anda untuk berjualan hewan qurban saat hari raya idhul adha? Memang peluang pasar hewan qurban sangat besar dan menjajikan keuntungan yang tinggi, namun anda harus tahu bagaimana strategi yang tepat untuk memulai bisnis hewan qurban, apalagi saat ini Indonesia tengah mengalami wabah covid 19, dimana hewan qurban juga rentan mengalami penyakit.

Agar anda tak mengalami kerugian, anda harus tahu hal apa yang harus dilakukan ketika memulai bisnis ini. Bagi anda yang berminat berbisnis hewan qurban, anda bisa membaca artikel ini sampai akhir karena berisi tips sukses menjalankan bisnis ditengah pandemic corona.

Tips Berbisnis Hewan Qurban

1. Cari tahu tentang hewan kurban

Anda harus mengetahui seluk beluk hewan qurban serta aturan jual beli. Yang pertama dari segi kesehatan hewan qurban, apakah hewan qurban sehat secara fisik, tidak ada cairan yang keluar dari manapun baik itu darah maupun lendir, atau hal hal lain. Anda juga harus tahu umur hewan qurban.

Ketika memilih hewan qurban umur yang baik disarankan kurang dari 1,5 tahun, agar meminimalisir kerugian hewan qurban yang tidak layak untuk dikorbankan.

2. Pilih hewan yang akan dijual

Jika anda telah memahami secara keseluruhan tentang hewan qurban yang layak, tips selanjutnya adalah menentukan jenis hewan yang akan anda jual. Mengapa menentukan jenis hewan? Karena ini berkaitan dengan kemampuan anda dalam menyiapkan modal memulai bisnis qurban.

Misalnya saja, jika anda berjualan sapi tentu modal yang anda keluarkan lumayan besar daripada anda berjualan kambing. Rata rata harga sapi 19 juta sampai 20 juta keatas per ekor, sedangkan harga kambing per ekor hanya berkisar 2 juta hingga 3 juta keatas.

Hal ini bisa anda pertimbangan kira kira hewan qurban jenis apa yang banyak diminati dan bisa terjual dengan cepat.

3. Siapkan modal bisnis

Modal bisnis bukan hanya soal pembelian hewan saja, namun anda juga harus mempersiapkan dana untuk merawat hewan qurban, mulai dari tempat penampungan, pakan, dan perawatan lainnya. Jadi anda harus memperhitungkan modal dengan baik.

Pembelian hewan qurban jauh jauh hari tentu akan mendapatkan harga lebih murah, karena biasanya hewan qurban akan melonjak tinggi ketika menjelang idhul adha.

Untuk anda yang ingin memulai bisnis qurban, disarankan untuk membeli hewan qurban langsung di peternakan, karena anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari pada dari pengepul. Tentu hal ini akan memperbesar keuntungan anda.

4. Berjualan secara langsung

Teknik berjualan juga sangat mempengaruhi keberhasilan anda dalam berbisnis. Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah berjualan secara langsung. Dimana anda bisa menawarkan kepada saudara, kerabat, tetangga atau kenalan lainnya. Cara ini di nilai cukup efektif untuk dilakukan.

Mungkin bagi anda seorang pemula bingung memulai menawarkan hewan qurban. Namun hal itu bisa anda atasi, dengan cara mempelajari teknik penawaran hewan qurban, agar anda mampu mendapatkan banyak pelanggan.


5. Promosi dengan media internet

Saat ini tentu media internet menjadi hal yang baik untuk melakukan pemasaran. Anda bisa memulai dengan cara mempromosikan bisnis hewan qurban dengan sosial media yang anda miliki. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara memasarkan hewan qurban melalui internet anda bisa menyimak hal hal berikut ini.

Strategi Menjual Hewan Qurban menjelang Idhul Adha

Cara Memasarkan Hewan Qurban Melalui Internet dengan mudah

1. Melalui website atau blog

Anda bisa menggunakan website atau blog untuk mempromosikan bisnis qurban anda. Jika anda tidak bisa membuat website, anda bisa meminta bantuan jasa pembuatan website untuk membuatkan website untuk anda.

Anda harus mampu membuat tampilan website sebaik mungkin agar calon pembeli anda tertarik membeli hewan qurban. Misalnya saja menambahkan foto hewan, deskripsi, dan informasi lainnya.

2. Promosi dengan komentar

Hal yang bisa anda coba adalah mulai rajin berkomentar pada website, blog, forum, atau media sosial orang lain yang dirasa masih mempunyai korelasi dengan bisnis anda.

Dengan begitu banyak orang yang akan membaca komentar anda dan tentu berminat untuk membeli. Pastinya anda harus bisa membuat komentar semenarik mungkin, dan jangan lupa tambahkan call to action (cta) agar orang tidak bingung jika ingin menghubungi anda.

3. Membuat toko online

Jika anda menginginkan teknik pemasaran yang tertarget, hal yang bisa anda lakukan adalah mencoba membuat toko online. Cara ini lebih efektif , karena orang yang akan membeli hewan qurban bisa langsung mengunjungi toko online anda.

4. Berjualan di Marketplace

Berjualan di marketplace juga bisa menjadi pilihan anda. Sebab banyak orang yang kadang tak percaya membeli lewat online karena banyaknya kasus penipuan, sehingga anda bisa menggunakan marketplace untuk menjual hewan qurban anda.

Anda bisa menggunakan marketplace Indonesia yang sudah terkenal dan mempunyai banyak pengguna seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan lain lain. Hal ini tentu bisa menjadikan peluang baru bagi anda, untuk memasarkan bisnis hewan qurban.

5. Promosi dengan sosial media

Nah cara ini bisa anda manfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis hewan qurban anda. Mulai dari facebook, instagram, youtube maupun sosial media yang lagi ngetrends saat ini yaitu tiktok.

baca juga : - Cara Memasarkan Produk Menggunakan Media TikTok
                   - Cara Mudah Mendapatkan Uang Jutaan Rupiah melalui Tiktok

Usahakan tampilkan foto serta video yang menarik agar orang mau memperhatikan iklan anda. Cara tersebut tentu bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli anda, dan peluang terjualnya bisnis hewan qurban anda tentu sangat besar.

6. Mempromosikan di forum

Anda tak perlu ragu untuk memposting info jual beli hewan qurban anda di beberapa forum. Terlebih lagi forum jual beli, seperti kaskus, media dakwah dan lain lain.

7. Memasang iklan di website

Cobalah memasang iklan anda di website yang mempunyai niche yang sama dengan bisnis anda. Anda bisa memilih iklan gratis maupun iklan berbayar. Hal ini mampu mendatangkan calon pembeli.

Strategi Menjual Hewan Qurban menjelang Idhul Adha

8. Review Produk

Lakukanlah pemasaran anda dengan cara mereview produk yang sedang anda jual. Dengan begitu banyak orang yang tentu akan tertarik dan membeli hewan qurban anda.


9. Pasang Testimoni

Jangan lupa memasang testimoni agar calon pembeli percaya, bahwa bisnis hewan qurban anda memang benar adanya, bukan bisnis bodong. Semakin banyak testimoni, biasanya semakin tinggi minat orang untuk membeli hewan qurban anda.

10. Menggunakan ads

Salah satu cara yang paling direkomendasikan menjual hewan qurban adalah melalui ads. Karena keberhasilannya sangat tinggi, dan tentu memberikan peluang keuntungan yang besar. Walau memang anda harus membayar, namun jangan salah modal anda akan balik. Anda bisa menggunakan program google maupun facebook.

Itulah strategi bisnis yang bisa anda terapkan untuk menjual hewan qurban agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal. Prospek bisnis hewan qurban ini sangat menjajikan jika anda mampu memaksimalkan dengan benar. Siapkah anda untuk memulai berbisnis hewan qurban?

Post a Comment for "Strategi Menjual Hewan Qurban menjelang Idhul Adha"