Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar


Pernah tidak anda berfikir bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang mampu diterima oleh HRD Perusahaan ?

Format penulisan seperti apa yang membuat HRD melirik lamaran kerja anda?

Untuk anda yang sedang mengalami permasalahan diatas, anda tak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas secara tuntas cara membuat lamaran kerja yang benar.

Sebelum itu anda harus tahu mengapa kita wajib membuat surat lamaran kerja ketika ingin melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja adalah bukti keseriusan anda dalam mencari pekerjaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan atau penyedia lowongan pekerjaan.

Surat lamaran kerja ini sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk memperkerjakan anda sebagai karyawannya maupun tidak.

Karena setiap Perusahaan pasti mempunyai standart karyawan yang harus dipenuhi oleh para pencari kerja.

Sehingga anda tak bisa menyepelekan membuat surat lamaran pekerjaan yang hanya ala kadarnya. Untuk itu anda perlu tips tips yang jarang para pencari kerja tahu bagaimana cara membuat lamaran kerja yang menarik.

Cara menulis Surat Lamaran Pekerjaan

1. Baca dan pahami persyaratan lowongan kerja

Sebelum mengirim surat lamaran kerja di manapun, anda harus paham bahwa persyaratan tersebut sesuai dengan apa yang anda miliki. Sebab hal tersebut akan memudahkan anda dan besar persentase diterima di perusahaan tersebut.

2. Gunakan tata bahasa yang benar

Pastikan anda menggunakan tata bahasa yang benar untuk menulis surat lamaran pekerjaan, sesuai dengan EYD dan menggunakan bahasa baku.

Jangan menggunakan singkatan yang anda gunakan untuk sehari hari karena memang lamaran kerja bersifat formal. Anda harus menyampaikan tujuan surat lamaran anda dengan singkat, jelas dan tidak bertele tele.

3. Tulis dengan jelas tujuan surat dan ditujukan untuk siapa

Surat lamaran yang anda buat harus jelas tujuannya kemana dan kepada siapa surat tersebut disampaikan. Bukan hanya nama perusahaan, anda juga sebaiknya menuliskan alamat perusahaan tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa anda memang tidak sekedar asal mengirim surat. Sertakan juga alasan anda melamar pekerjan dengan posisi tersebut dan darimana anda mendapatkan informasi lowongan kerja.

4. Tak perlu menulis ulang informasi di CV

Pada surat lamaran kerja yang harus anda sampaikan adalah alasan mengapa anda ingin bergabung, karakter diri anda serta apa yang bisa anda berikan untuk perusahaan.

Anda tidak perlu menulis ulang informasi yang telah anda sampaikan di CV. Sebab CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi hard fact, sedangkan surat lamaran kerja adalah bentuk komunikasi anda dengan HRD Perusahaan.

5. Jangan memohon untuk diterima

Anda tidak harus memohon mohon supaya diterima di Perusahaan tersebut. Gunakan kalimat yang menarik namun tidak tampak seperti memohon. Berikut ini contohnya :

Kalimat memohon : “Besar harapan saya untuk diterima di Perusahaa anda, mohon dipertimbangkan dan diberikan kesempatan.”

Kalimat antusias : “Besar harapan saya untuk menantikan kabar selanjutnya, agar bisa menjelaskan diri dan kemampuan saya berkontribusi di Perusahaan anda.”

Nah kira kira anda lebih menarik yang mana jika anda memposisikan sebagai HRD atau owner?

6. Tampilkan antusias anda bekerja di sana

Ketika ada lowongan pekerjaan, pastinya banyak yang menginginkan lowongan tersebut.

Perusahaanpun menginginkan calon karyawan yang memang mempunyai keahlian serta keloyalan terhadap pekerjaan.

Untuk itu anda harus bisa menampilkan antusias anda melalui surat lamaran kerja baik berupa lamaran kerja langsung maupun lamaran kerja email.

Maka gunakanlah kalimat aktif yang mampu membuat HRD tertarik dengan surat lamaran kerja anda.

Contoh surat lamaran kerja yang menampilkan antusias bukan hanya digunakan untuk membuat surat lamaran kerja kerja di perusahaan saja lo, anda bisa membuat surat lamaran kerja di pabrik, surat lamaran kerja di toko, surat lamaran kerja di indomaret, surat lamaran kerja di alfamart dan lain lainnya.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Format Lamaran Kerja Yang Baik

Banyak orang yang bingung bagaimana membuat format lamaran kerja yang baik. Apa saja sih isi dari surat lamaran kerja yang benar?

Nah berikut ini format penulisan lamaran kerja yang bisa ditulis langsung maupun lewat email.

Tempat dan tanggal penulisan

Perusahaan yang dituju, berdasarkan pihak perusahaan yang dihubungi

Salam hormat

Pembuka surat atau kata pengantar

Untuk membuat kata pengantar dalam surat lamaran kerja, anda harus menuliskan darimana anda mendapatkan informasi lowongan tersebut, baik dari sosial media, teman, maupun lainnya.

Sebutkan juga posisi atau jabatan yang anda inginkan dalam perusahaan tersebut, hal ini membantu anda memperoleh posisi yang anda inginkan. Serta hrd perusahaan bisa dengan mudah memfilter posisi posisi sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Biodata singkat
Untuk biodata singkat yang anda perlukan hanya, nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, no telpon atau email. Jika anda menginginkan menulis latar belakang pendidikan, tulislah latar belakang pendidikan tertinggi saja. Karena informasi tersebut sudah ada di cv tentunya.

Skill yang di miliki
Tulislah kemampuan yang anda miliki, yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan yang anda impikan di perusahaan tersebut. Hal ini bisa jadi pertimbangan hrd untuk memilih anda.

Penutup surat
Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, penutup surat berisi kalimat antusias anda terhadap pekerjaan tersebut, jangan kesannya anda memohon kepada perusahaan untuk diterima.

Lampiran
Lampiran biasanya berupa hal hal lain yang merupakan persyaratan dari perusahaan atau hal yang bisa menjadi pertimbangan. Hal hal inilah yang biasanya ada di lampiran :

a. Pas foto
b. Fotokopi ktp
c. CV atau Daftar Riwayat Hidup
d. Fotokopi Ijazah Terakhir
e. Fotokopi Sertifikat Kompetensi
f. Portofolio jika ada

Nama terang dan tanda tangan
Jangan lupa membubuhkan nama terang dan tanda tangan anda.


Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa anda gunakan untuk membuat lamaran kerja email, lamaran kerja di pabrik, lamaran kerja di toko, lamaran kerja di indomaret, lamaran kerja di alfamart dan masih banyak lagi :

Cara membuat lamaran kerja email

Yang perlu anda perhatikan dalam mengirim lamaran kerja lewat email adalah subjek, body dan isi email. Ada baiknya anda mengirim surat lamaran kerja di saat jam kantor. Hal ini menunjukkan pibadi anda yang professional.

Cara membuat lamaran kerja di hp

Untuk membuat surat lamaran kerja di hp sebenarnya sama saja untuk formatnya, hanya saja mungkin beda media yang digunakan, yaitu menggunakan hp untuk membuatnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi WPS Office untuk menulis dan mebuat file dokumen. Jadi anda tak perlu repot menggunakan pc.

Cara membuat lamaran kerja di pabrik

Sama halnya dengan perusahaan, ketika anda melamar kerja di pabrik, anda juga harus membuat surat lamaran yang menarik. Sehingga besar kemungkinan anda diterima.

Cara membuat lamaran kerja di toko

Jika anda berniat membuat lamaran kerja di toko, anda wajib menulis format lamaran sesuai dengan hal hal diatas.

Pastikan anda mampu membuat owner tertarik dengan surat lamaran anda

Cara membuat lamaran kerja di indomaret, Cara membuat lamaran kerja di alfamart

Banyak sekali lowongan pekerjaan bekerja di indomaret maupun di alfamart, tentu banyak juga pesaing yang ingin bekerja menjadi karyawan indomaret maupun alfamart. Untuk itu anda harus membuat suatu surat yang unik dan menarik, agar mampu dilirik oleh hrd.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar

Tips sukses Lamaran Pekerjaan Diterima

Sebenarnya hal hal diatas adalah hal yang umum yang dilakukan banyak orang juga. Lalu pertanyaannya, “Bagaimana membuat surat lamaran menarik yang mampu membuat hrd memeriksa lampiran kita secara detail?”

Oke kali ini anda wajib membaca detail yang akan disampaikan hingga tuntas. Dan pastikan anda menerapkannya di Surat Lamaran Kerja anda, karena hal hal berikut ini membuat anda akan diterima oleh perusahaan atau pihak penyedia lowongan pekerjaan.

Saat menulis lowongan pekerjaan, anda harus memposisikan diri anda sebagai seorang “salesman”
Seorang salesman mempunyai goal yaitu “terjual”, sama halnya dengan anda, anda harus mampu menjual skill anda ke perusahaan.

Cobalah untuk mengamati iklan iklan dikoran, sosial media maupun internet. Iklan iklan tersebut pastinya mempunyai bahasa yang unik dan kreatif, bukan bahasa yang monoton. Iklan juga biasanya mempunyai bahasa yang sedikit dilebih lebihkan sebenarnya, namun hal tersebut yang mampu membuat orang rela melihat lebih lanjut. Apa sih yang sebenarnya yang ingin disampaikan iklan ini.

5 detik pertama adalah hal yang mampu membuat orang meneruskannya atau tidak. Begitu juga dengan surat lamaran kerja. Untuk itu anda harus memastikan bahwa surat lamaran kerja yang anda buat mempunyai stopping power, yang kuat dan menarik perhatian.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja sederhana yang mempunyai stopping power yang kuat


Nah itulah hal hal yang bisa anda pertimbangkan untuk membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan, pabrik, toko, indomaret maupun alfamart.

Amati dan gali potensi anda lebih lanjut sehingga anda mampu menjual kemampuan anda di perusahaan tersebut.

Sekian artikel kali ini, jika dirasa bermanfaat anda bisa share, agar banyak orang yang semakin mendapatkan pekerjaan impiannya.


Post a Comment for "Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik dan Benar "