Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial



Bagi anda para millenial , aneh tidak mendengar kata investasi? Kira kira kalau anda ditanya, lebih suka travelling atau lebih suka melakukan investasi? 

Tentu kebanyakan dari anda pasti menjawab,lebih suka travelling. Sebab anak muda pasti belum memikirkan masa depan dengan jangka panjang. 

Padahal anak muda mempunyai peluang yang besar untuk sukses dalam dunia investasi. Untuk itu penting sekali bagi anda para milenial untuk sesegera mungkin mulai melakukan investasi sejak sekarang.

Apa saja manfaat dari investasi dan jenis investasi bagaimana yang bisa digunakan oleh para millennial saat ini? 

Nah anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh anak muda yang baru mulai investasi. 

Jadi simak artikel ini hingga selesai agar anda lebih paham mengenai investasi yang tepat bagi anda, pemuda milenial.

Memahami Investasi Dengan Mudah

Pasti milenial pernah berfikir bahwa investasi hanya untuk golongan  yang sudah cukup financial atau golongan tua yang telah mempunyai banyak aset. 

Tidak! Anda salah kaprah jika berfikir seperti hal tersebut. Karena saat ini para milenial bisa melakukan investasi hanya dengan modal 100 ribu saja.

Meski terbilang cukup kecil, namun modal tersebut bisa mendapatkan banyak keuntungan jika anda mulai berinvestasi sejak dini.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan investasi?  Investasi adalah penanaman dana atau aset yang dlakukan oleh perusahaan atau perorangan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan memperoleh imbal balik yang lebih besar.

Mari kita bahas secara detail dengan perumpamaan agar anda lebih paham apa itu investasi :

Jika anda membeli gula untuk membuat kopi pagi ini, maka gula tersebut termasuk konsumsi anda. Karena gula tersebut anda gunakan saat ini.

Jika anda membeli gula lalu anda jual lagi gula tersebut dengan harga yang tinggi saat ini, maka anda melakukan proses jual beli. Karena gula tersebut merupakan barang dagangan anda.

Nah berbeda halnya dengan hal ini. Anda membeli gula untuk anda simpan sebulanan, karena ada berita bahwa impor gula akan dihapus. Gula ini termasuk investasi anda, yang anda beli diwaktu harga normal atau harga murah. Dan bisa anda jual kembali diwaktu harga naik, karena tak ada stok dipasar.

Kira kira milenial sudah paham kan apa itu investasi?


Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial


Apa Manfaat Milenial Melakukan Investasi

Setelah anda paham mengenai investasi, ada berbagai manfaat mengapa milenial harus secepatnya mulai melakukan investasi, berikut ini manfaatnya :

Meningkatkan nilai kekayaan

Jika mulai melakukan investasi sekarang, maka kekayaan anda akan bertambah. Begitu juga dengan aset yang anda miliki, mulai dari gedung, tanah, property lain serta uang yang anda simpan. Jadi dengan melakukan investasi hari ini, maka beberapa tahun ke depan modal anda akan selalu bertambah dan meningkat.


Melindungi diri dari Inflasi

Cara yang paling tepat menghindari inflasi setiap tahun adalah dengan berinvestasi. Sebab anda bisa mengantisipasi inflasi dengan cara menyimpan uang tersebut sebagai alat untuk berinvestasi. Jika anda tidak melakukannya, maka modal yang anda miliki akan berkurang nilainya.


Inflasi ternyata mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian, utamanya dalam hal jual beli. Sehingga keberadaanya mampu melemahkan daya beli masyarakat. Untuk itu, cara yang paling tepat agar terhindar dari masalah tersebut, ya mulai melakukan investasi.


Merdeka Financial

Dengan melakukan investasi maka artinya anda akan merdeka secara financial, maksudnya anda tak perlu khawatir dalam hal keuangan. Jadi anda bisa mencukupi kegiatan sehari hari dari kekayaan yang anda dapatkan tanpa harus bekerja keras. Karena anda sudah lama melakukan investasi. Jadi secepat mungkin ya, mulai melakukan investasi dari sekarang.


Masa Depan Yang Cerah

Faktor umur memasuki usia senja mampu menghambat anda untuk bekerja. Sehingga penghasilan anda akan semakin berkurang, jika dibandingkan dengan usia produktif dimana anda bisa bekerja keras. 

Untuk mnegatasi masalah tersebut, anda bisa melakukan investasi sejak masih muda. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk membantu anda dalam mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. 

Selain itu, anda juga bisa mencukupi kebutuhan sehari hari tanpa harus bekerja seperti biasanya, jadi anda tak perlu meragukan memulai investasi sejak dini.

Tips Memulai Investasi

Untuk para milenial yang mulai menginginkan investasi, tentu harus tahu beberapa hal yang harus anda pahami dalam berinvestasi agar tak salah mengambil langkah. Jadi simak info terlebih dahulu mengenai tips berinvestasi ala CariDuid.id

Mengerti Tujuan Investasi

Hal yang pertama yang harus anda pahami, adalah tujuan investasi anda. Untuk apa anda melakukan investasi sekarang ini, agar anda bisa mengatur strategi yang tepat dalam berinvestasi. 

Sebelum memulai investasi, anda juga harus menentukan jangka waktu, serta berapa jumlah uang yang ingin anda investasikan.

Biasanya tujuan orang melakukan investasi adalah membeli sesuatu misalnya rumah, kendaraan atau menikmati masa tua agar tidak kesusahan. 

Nah dengan mengerti tujuan yang jelas, maka anda bisa dengan mudah melakukan planning keuangan dalam berinvestasi.

Paham Dasar Investasi

Seperti yang telah tim CariDuid.id katakan diawal, para milenial wajib paham mengenai dasar – dasar berinvestasi agar tidak salah memulai langkah. 

Dengan memahami secara baik, tentu anda akan mudah menjalankan investasi kedepannya. Anda juga perlu tahu bagaimana cara lerja investasi yang anda pilih agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda tidak mengerti cara kerja serta dasar - dasar melakukan investasi, maka milenial akan mendapatkan kerugian bukan malah untung. 

Mulai berinvestasi dalam jumlah kecil

Milenial tak perlu takut gagal, sebab anda bisa mencoba mulai berinvestasi dalam jumlah yang kecil, karena banyak sekali produk investasi yang ditawarkan dan beredar di pasar yang bisa anda pilih. 

Hal ini juga bisa anda gunakan sebagai bahan percobaan dan belajar agar mahir dalam berinvestasi. Sebab biasanya jika investasi menawarkan keuntungan yang besar, maka risiko yang akan anda hadapi juga semakin besar.

Memahami dan Memilih berbagai Jenis Investasi

Hal yang paling pokok yang harus anda tahu jika anda mulai berinvestasi adalah memilih jenis investasi. 

Disini anda harus bisa memilih dan memahami terlebih dahulu beragam investasi yang ditawarkan. Anda tak boleh fokus pada satu instrument investasi saja, sebab hal ini  bisa menjadi pencegahan jika misalnya saja salah satu investasi anda mengalami kegagalan, maka ada jenis investasi cadangan lainnya. Untuk itu anda harus mulai menentukan investasi seperti apa yang akan anda pilih nantinya.


Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial

Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Anak Muda

Kali ini tim CariDuid.id sudah merangkum sejumlah investasi yang bisa anda coba, karena sangat cocok untuk milenial, yaitu :

Deposito

Deposito bisa menjadi pilihan milenial untuk mulai melakukan investasi. Deposito bisa anda gunakan jika anda memiliki banyak uang, namun ingin menyimpan uang tersebut untuk jangka panjang. 

Sebenarnya deposito bukan termasuk investasi, melainkan tabungan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan.

Biasanya jangka waktu antara 1 tahun hingga 3,6 tahun. Jadi semakin lama anda mendepositokan uang, maka anda juga akan mendapatkan bunga semakin banyak. 

Untuk jenis investasi ini terbilang cukup rendah risiko yang dimiliki, dan aman digunakan. Karena tak rumit dalam melakukannya.

Saham

Jenis investasi yang paling popular adalah saham, yaitu bentuk kepemilikan di perusahaan tertentu. Jadi anda berhak mendapatkan bagian keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut. 

Kegiatan ini sebenarnya cukup berisiko dibandingan dengan lain, namun hasil yang didapatkannya juga tidak main main.

Untuk anda yang tertarik mencoba investasi bentuk saham, anda harus paham profil risiko yang ditawarkan, karena sifatnya yang high risk, high return. 

Harga saham bisa naik dan turun secara signifikan, dalam jangka waktu yang cepat.

Properti

Investasi yang bisa anda selanjutnya adalah propertI, karena dari tahun ke tahun properti selalu mengalami peningkatan harga jual. 

Hal ini bisa menjadi pilihan anda dalam jangka yang panjang. Walau anda perlu mendapatkan banyak uang untuk membeli properti tetapi hal itu akan tercover dengan keuntungan yang didapatkan.

Namun anda juga harus paham mengenai maintenance untuk menjaga properti agar tetap mendapatkan nilai jual yang tinggi. 

Jadi bagi para milenial yang ingin terjun di investasi ini, anda harus siap siap dengan 2 piliham, yaitu memperoleh keuntungan atau hanya kerugian.

Emas

Salah satu jenis investasi yang paling mudah dilakukan adalah investasi jenis ini. Emas yang biasanya di gunakan adalah logam mulia, emas batangan, perhiasan atau lain lainnya. Namun investasi jenis ini memiliki kekurangan, yaitu letak penyimpanannya.

Disarankan letak penyimpanan emas harus aman karena menghindari hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja anda bisa menyimpan menggunakan safe deposit box yang disediakan oleh bank bank tertentu, atau bisa juga menggunakann brankas pribadi.

Reksadana

Investasi terakhir yang bisa anda pilih sebagai milenial, adalah menggunakan reksadana. Reksadana adalah investasi yang mempunyai profil risiko yang sangat kecil dan mudah dilakukan. 

Cara melakukan investasi jenis ini adalah menghimpun dana atau uang melalui berbagai pihak dan diwujudkan ke dalam surat berharga.

Biasaya cara inni dilakukan dalam bentuk obligasi, saham maupun sekuritas lain. Untuk memulainya pun cukup mudah, hanya membutuhkan modal yang kecil, antara Rp 50.000 sampai Rp 500.000. Tertarik untuk mencobanya?

Itulah mengapa alasan milenial harus mulai melakukan investasi mulai dari sekarang. Keuntungan yang bisa didapatkan yang paling terlihat adalah waktu, karena milenial memulainya diusia muda jadi banyak sekali kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar dan memaksimalkan hasil investasi. Jadi kapan anda mulai melakukan investasi?



Post a Comment for " Kenapa Penting Sekali Memulai Investasi Bagi Milenial"