Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sebelum Terkenal, Pastikan Anda Sudah Tahu Tentang Brand Identity



Apakah Anda sudah mengetahui apa itu brand identity? Para pelaku usaha seharusnya sudah mengetahui hal ini, baik usaha dengan skala kecil maupun besar. 

Istilah tersebut memiliki makna identitas dari sebuah brand yang menawarkan produk atau jasa. Identitas ini sendiri biasanya berbentuk logo. 

Tapi, dalam membentuk logo pun tidak mudah. Anda harus membuat yang sekiranya dapat membentuk persepsi semua orang terhadap bisnis Anda. 

Semua pelaku usaha pasti memiliki brand identity untuk memudahkan konsumen dalam belanja produk Anda. 

Meskipun memang sebenarnya banyak orang yang menawarkan produk atau jasa seperti Anda, tapi belum tentu kualitasnya sama. Itulah mengapa identitas brand sangat penting dalam berbisni. 

Bagi Anda yang belum begitu paham tentang identitas bisnis ini, silahkan simak penjelasan berikut. 

Pentingnya Brand Identity untuk Menjalankan Bisnis

Setelah mengetahui apa itu brand identity, selanjutnya hal yang harus Anda ketahui adalah manfaat dari identitas brand. Anda harus bisa membangun brand dengan baik agar usaha yang dijalankan dapat diterima oleh masyarakat. 

Salah satu cara agar brand terbangun dengan kuat adalah menjaga kualitas yang memang seharusnya menjadi keunggulan bisnis Anda. Lalu, apa inti manfaat identitas brand ini sendiri?

Pertama, Anda bisa mengetahui kekuatan produk di pasaran sehingga Anda tidak perlu lagi untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. 

Bahkan dari sini, kepercayaan konsumen kepada kualitas brand Anda juga sangat tinggi. Dengan begitu Anda hanya perlu mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas. 

Kedua, ketika konsumen sudah percaya maka Anda akan mendapatkan kesetiaan konsumen aias loyalitas. 

Kesetiaan konsumen ini sangat bagus untuk perkembangan bisnis Anda agar terus meningkat dengan pesat. 

Tentu bukan tanpa  alasan bisnis Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen sehingga lebih mudah menyebarkan tentang bagusnya produk atau jasa Anda. 

Ketiga, memiliki kesempatan untuk mendapatkan referensi profesional. Meskipun Anda sudah bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen, bukan berarti sudah tidak membutuhkan tambahan ilmu. 

Nah, berkaitan dengan hal ini ketika Anda sudah memiliki identitas brand otomatis akan mendapatkan banyak rekomendasi dari para ahli dengan mudah. 


Sebelum Terkenal, Pastikan Anda Sudah Tahu Tentang Brand Identity


Apa Sih yang Harus Diperhatikan dalam Membentuk Brand Identity?

 

Sebagai pelaku usaha, sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja yang wajib diperhatikan dalam membentuk brand identity. 

Dengan memperhatikan kelima hal yang akan disebutkan ini, maka siap-siap Anda akan menjadi seorang pengusaha sukses yang produk atau jasanya akan dikenal dimana-mana. Apa saja sih kelima hal tersebut?

1. Perhatikan Target Pasar Usaha

Dalam berbisnis hal yang paling penting adalah menentukan target pasar. Karena, hal inilah yang paling dekat dengan perihal ide bisnis Anda. 

Ketika memiliki ide bisnis tentu Anda harus melihat apakah target pasar memiliki peluang besar atau tidak. 

Jika tidak, maka sebaiknya mencari ide lain yang mungkin lebih menarik. Tapi jika sudah dirasa sangat menarik maka selanjutnya Anda hanya perlu membangun branding dengan berbagai cara.

Satu hal lagi yang harus Anda ketahui dan ingat bahwa dalam menentukan ide bisnis sebaiknya memperkirakan yang sekiranya memiliki jangka waktu panjang. 

Jadi jangan hanya terpaku dengan apa hal yang sedang trend saja. Karena jika begitu maka bisnis Anda akan hanya berjalan pada satu masa saja, sedangkan untuk kedepannya belum tentu. 

2. Jangan Berkutat Dengan Nama di Awal Memulai Bisnis

Hal lain yang harus Anda perhatikan brand identity menghindari pikiran nama pada awal memulai bisnis. 

Mengapa? Karena, strategi dan menentukan target adalah hal yang paling penting. Tapi, bukan berarti nama ini tidak penting identitas. 

Sebenarnya bisa dikatakan penting karena menjadi identitas sehingga konsumen akan lebih mengenal.

Tapi, nama ini bisa dipikirkan sambil berjalan agar sesuai dengan konsep yang Anda buat. Jadi, lebih baik untuk menyiapkan segala rencana terlebih dahulu.

3. Perhatikan Semua Hal dari  yang Terkecil

Dalam sebuah usaha, pasti ada hal kecil maupun besar yang harus sama--sama diperhatikan. Hal terkecil dari identitas brand ini seperti warna, tagline, tipografi dan sejenisnya. 

Karena semua itu harus dibuat dengan penuh makna. Jangan sampai Anda hanya asala membuat identitas tanpa ada makna yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan sedikit pun. 

4. Tetap Fokus Pada Usaha dan Targetnya

Selanjutnya, dalam identitas brand yang harus diperhatikan adalah fokus pada usaha beserta targetnya.

 Menjalankan bisnis tanpa terpusat penuh pada bisnis itu sendiri hanya akan membuat Anda berjalan begitu saja tanpa adanya perkembangan. 

Bahkan, tidak menutup kemungkinan dapat membuat Anda terjatuh tanpa membutuhkan waktu lama. Itulah mengapa dalam membangun branding segala identitas untuk brand harus benar-benar disiapkan. 

5. Jangan Menjadikan Pesaing sebagai Patokan

Terakhir, jangan pernah menjadikan pesaing sebagai patokan kualitas Anda. Karena belum tentu dengan menyamai atau  mengungguli satu tingkat saja sudah bisa membuat Anda menjalankan bisnis dengan baik. 

Tapi, targetkan tingkat kualitas tertinggi menurut versi Anda. Jadi, jika masih bisa berkembang maka kembangkan tapi jika sudah tidak bisa mulai pertahankan kualitas terbaik. 


Brand Image vs Brand Identity?

Setelah menambah wawasan mengenai brand identity, apakah Anda juga sudah mendengar istilah brand image? 

Kedua istilah tersebut seringkali dianggap sama oleh kebanyakan orang. Padahal, keduanya memiliki perbedaan-perbedaan yang cukup jelas. 

Bagi Anda yang masih menganggap kedua istilah tersebut sama dan tidak mengetahui perbedaannya, mungkin tabel berikut akan membantu. 

Dari tabel ini Anda akan mendapatkan 5 perbedaan yang membuat Anda dengan cepat mengerti bahwa memang keduanya tidak bisa disamakan. 

Sebelum Terkenal, Pastikan Anda Sudah Tahu Tentang Brand Identity




Siapa Sih yang Seharusnya Melakukan Company Branding?

 

Jika Anda bertanya-tanya, siapa sih yang seharusnya melakukan company branding dalam brand identity? Terdapat dua pihak yang harus bisa melakukannya sehingga dapat membantu perkembangan bisnis. 

Anda tidak harus memilih keduanya, melainkan cukup pilih salah satu diantaranya, yaitu diri sendiri dan jasa yang sudah profesional. 

Dengan begitu, usaha Anda akan dikenal oleh masyarakat luas tanpa memakan waktu lama. Karena, kualitas saja tidak cukup jika belum ada yang merekomendasikan. 

Jika dibahas masing-masing, diri sendiri bisa melakukan company branding dengan ekstra berpikir dan lebih banyak mengeluarkan tenaga. Karena, brand sendiri adalah wajah atau bagian paling depan dari perusahaan apapun. 

Tapi syarat lain yang tak kalah penting untuk melakukan company branding sendiri adalah konsisten. Karena dengan konsisten akan bisa menjadi bukti bahwa Anda sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis.  Alasan melakukan sendiri ini adalah untuk menghemat pengeluaran perusahaan. 

Sedangkan company branding yang dilakukan oleh jasa yang sudah profesional berarti pelaku usaha membayar penyedia jasa tersebut. 


Sebelum Terkenal, Pastikan Anda Sudah Tahu Tentang Brand Identity


Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi berpikir keras dan mengeluarkan tenaga untuk branding. Bahkan, pelaku usaha tidak perlu khawatir jika sudah menggunakan jasa ini karena sudah terjamin mendapatkan feedback yang bagus. 

Tapi, disini Anda harus benar-benar mendapatkan yang profesional, berkompeten dan berkualitas. 

Itulah beberapa hal tentang brand identity yang wajib Anda ketahui sebagai pemilik usaha. Menjalankan bisnis tidak hanya tentang melayani pembeli saja. 

Melainkan juga menjaga dan meningkatkan kualitas, mengatur keuangan maupun waktu, membuat strategi sebaik mungkin dan masih banyak lagi. 

Tapi, semua itu tidak akan berjalan jika brandingnya kurang bagus. Itulah mengapa identitas brand ini sangat penting untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan mengatur semua hal yang seharusnya tertata dalam bisnis. 



Post a Comment for " Sebelum Terkenal, Pastikan Anda Sudah Tahu Tentang Brand Identity"