Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Lulus PNS dan Tips Menjawab Soal CPNS

 

Siapa yang tidak ingin lulus tes CPNS dan menjadi PNS, tapi untuk lulus PNS tidaklah semudah kamu mengikuti ujian sekolah. 

Karena itu kamu perlu membaca beberapa tips lulus PNS agar ketika seleksi tes CPNS kamu bisa menyelesaikan semua pertanyaan dan soal yang dikerjakan dengan baik.

Disini kami akan memberikan beberapa tips lulus PNS bagi kamu yang berniat untuk mendaftarkan diri di tes CPNS di tahun ini.


Tips Lulus PNS atau Lolos CPNS

Ketika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi PNS ada beberapa tips lulus pns yang harus diperhatikan sebagai berikut :


1. Rutin Mengerjakan Soal Latihan Tes CPNS

Pertama kamu harus rutin belajar mengerjakan latihan soal tes CPNS baik dengan membeli buku soal-soal latihan CPNS ataupun belajar mengerjakan soal latihan CPNS secara online. 

Karena sekarang juga banyak situs online yang menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika tes cpns. 


2. Pelajari Materi CPNS Dengan Lebih Banyak

Sebelum kamu benar-benar mengerjakan soal CPNS, dan mencoba mengerjakan soal-soal CPNS kamu harus mengumpulkan banyak materi pelajaran atau kisi-kiri tentang materi CPNS dari tahun-tahun lalu untuk dipelajari.

Kamu coba kerjakan kisi-kiri tersebut dan bisa dijadikan materi ini untuk media belajar terbaik saat nantinya kamu mengerjakan soal CPNS sesungguhnya.


Tips Lulus PNS dan Tips Menjawab Soal CPNS


3. Mengikuti Kursus atau Tryout Tes CPNS

Untuk lebih mematangkan proses pengumpulan materi dan contoh soal cpns yang sudah kamu kerjakan. Kamu bisa mencoba mengikuti Tryout Tes CPNS sehingga kamu bisa mengetahui sebagai simulai jika tes benar-benar berlangsung kamu bisa lulus atau tidak.

Atau untuk mematangkan dalam proses pembelajaran materi CPNS, kamu bisa mengikuti kursus dari beberapa BIMBEL yang menyediakan kursus khusus tes CPNS.

4. Mempersiapkan Dokumen Dengan Baik dan Benar

Selain kamu harus belajar tentang materi dan soal-soal cpns, masalah administrasi CPNS juga harus diperhatikan dengan baik dan benar. 

Usahakan saat pengumpulan dokumen dan berkas kamu tidak melewatkan satupun persyaratan yang telah ditentukan.

5. Cari Informasi Terbaru Tentang CPNS : Lokasi Tes dan Waktu Tes CPNS Berlangsung

Terakhir kamu harus rajin-rajin untuk mengetahui update informasi tentang jadwal atau waktu tes CPNS, karena terkadang waktu pelaksanaan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Selain itu tentang tempat atau lokasi tes juga harus kamu perhatikan, jangan sampai kamu salah lokasi saat mengikuti tes CPNS.


Tips Menjawab Banyak Soal Soal Latihan CPNS

Selain kamu perlu memperhatikan tips lulus PNS diatas, kamu juga harus memperhatikan tips menjawab banyak soal-soal latihan CPNS yang berhubungan dengan tes wawasan kebangsaan, tes integensi umum dan tes karakteristik pribadi.


1. Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK

Pertama soal CPNS di dalamnya akan membahas tentang tes wawasan kebangsaan, jadi untuk dapat menjawab pertanyaan soal tentang TWK ini kamu harus mempelajari materi tentang :

UUD 1945 dan Amandemen

Pancasila

Sejarah Indonesia (Pra dan Pasca Kemerdekaan)

Bhineka Tunggal Ika

Tata Negara

Peran Negara

Bahasa Indonesia Ejaan yang Disempurankan (EYD)

Dewan Perwakilan


Jadi kamu harus memperlajari seluruh materi pelajaran yang berhubungan dengan yang kami sebutkan diatas, sehingga ketika kamu menjawab banyak soal CPNS tentang tes wawasan kebangsaan kamu bisa lulus dengan nilai yang sempurna.


Tips Lulus PNS dan Tips Menjawab Soal CPNS


2. Tes Integensi Umum atau TIU

Kedua kamu harus bisa menjawab pertanyaan CPNS tentang tes integensi umum, tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah calon peserta memiliki kemapuan verbal yang baik secara tulisan dan lisan. 

Untuk menjawab soal tes integensi umum kamu harus mempelajari berbagai hal seperti sinonim dan antonin, numerik, analogi, kemampuan verbal, kamampuan logika, penalaran logis dan penalaran analitis.

Jadi beberapa pelajaran tersebut harus benar-benar kamu kuasai dengan benar, kamu cobalah mengerjakan beberapa soal cpns beberapa tahun-tahun sebelumnya, kalian bisa menemukan beberapa soal di Undang Faiz. Biasanya pertanyaan-pertanyaan tentang tes integensi umum ini dari tahun ke tahun hampir sama pertanyaannya.


3. Tes Karakteristik Pribadi atau TKP

Terakhir ada tes karakteristik pribadi atau dikenal dengan TKP. Tes satu ini mengharuskan kamu untuk bisa menjawab berbagai pertanyaan yang bertujuan untuk mengukur kematang perilaku, sikap, etos kerja dan perilaku lainnya.

Ada beberapa hal yang harus kamu pelajari tentang tes karakteristik pribadi seperti : Pelayanan publik, sosial budaya, jejaring kerja, profesionalisme, TIK, dan anti-radikalisme.

Jadi mulai sekarang kamu carilah contoh soal tes CPNS yang di dalamnya terdapat materi tentang tes wawasan kebangsaan, teks integensi umum dan tes karakteristik pribadi. 

Sehingga ketika tes sebenarnya berlangsung kamu bisa dengan mudah mengerjakannya, karena sebelumnya kamu sudah terbiasa mengerjakan soal-soal tersebut.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang beberapa tips lulus PNS yang dapat kami sampaikan terutama tentang tips menjawab banyak soal-soal latihan CPNS yang wajib diperhatikan. 

Karena materi-materi dalam jenis tes tersebut adalah yang paling utama untuk dipelajari. Semoga kamu bisa lulus tes CPNS ya, salam sukses selalu.


1 comment for "Tips Lulus PNS dan Tips Menjawab Soal CPNS"

  1. hiii, Terima kasih, artikel yang menarik~ informasinya bermanfaat, please check this web
    Kunjungi IT Telkom Jakarta:
    Website Kami
    Website Kami
    thankyou...

    ReplyDelete