Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bisnis Pakan Ternak, Tips Cara Memulai


Saat ini kehidupan manusia sangat bergantung pada hewan ternak. Ternak tersebut dikenal sebagai penyuplai daging, telur, susu, dan kebutuhan lainnya. 

Tak heran jika banyak masyarakat yang memelihara hewan ternak, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau pun juga dijual. 

Hal demikian membuktikan bahwa bisnis pakan ternak ini memiliki peluang besar di masa kini dan masa depan. Dengan modal berapapun yang dikeluarkan, bisnis ini pasti akan mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Bisnis pakan ternak banyak dijumpai di berbagai daerah, baik di daerah perkotaan maupun di desa. Peluang menjanjikan dari bisnis yang satu ini tidak lepas juga dari bertambah banyaknya jumlah peternak di Indonesia.

Bagi anda yang ingin terjun di bisnis ini, namun masih bingung dengan hal – hal yang harus diperhatikan beserta cara – caranya maka Anda wajib menyimak artikel ini. 

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips cara memulai bisnis pakan ternak, serta hal – hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Simak sampai selesai ya !

Apa Saja Tips  yang Perlu Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Pakan Ternak ?


1. Jenis Ternak

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu jenis ternak, yang mana dalam hal ini harus mempersiapkan pakan ternak apa yang akan dijual. Dan untuk menentukan hal tersebut, anda harus cermat dalam melihat peluang. 

Misalnya di daerah anda banyak orang yang memelihara ayam, maka anda harus menyediakan berbagai jenis pakan dan kebutuhan ayam. 

Lebih baik lagi jika anda menyediakan pakan untuk semua ternak, mulai dari sapi, ayam, kambing, burung, dan ternak lainnya. Dengan begitu masyarakat dapat dengan mudah menemukan pakan yang mereka butuhkan di toko anda.


2. Modal

Salah satu komponen yang paling penting dalam membuka suatu bisnis adalah modal. Modal ini adalah hal yang bisa dianggap sebagai investasi dalam jangka panjang. 

Modal ini dapat anda gunakan untuk sewa lokasi usaha, pembelian alat - alat usaha, pembuatan surat izin usaha, serta untuk biaya tak terduga lainnya. 

Dalam memulai sebuah bisnis, anda harus membuat rencana dan analisis biaya untuk menentukan modal yang dibutuhkan. Hal ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan harga jual pakan. 

Oleh sebab itu, untuk membangun sebuah bisnis maka sesuaikan kebutuhan modal anda dengan budget yang anda miliki. 

Anda bisa memulai dengan modal yang kecil dulu dan kemudian sekiranya modal sudah cukup maka bisa dikembangkan.


3. Kualitas

Selanjutnya hal yang perlu anda perhatikan adalah kualitas pakan ternak yang anda jual. Anda harus menyiapkan pakan ternak dengan kualitas yang bagus untuk para peternak. 

Walaupun sudah menjadi rahasia umum bahwa mayoritas orang Indonesia lebih memilih produk pakan yang harganya murah meskipun kualitasnya tidak terlalu bagus. 

Namun, anda sebagai pemula bisnis pakan ternak harus memberikan pakan dengan kualitas terbaik dengan tujuan untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen. 

Usahakan anda menyediakan pakan dengan kualitas terbaik dan harga yang beragam agar pembeli dapat memilih sesuai kantong mereka. 


4. Lokasi Usaha

Dalam berbisnis anda juga harus pandai - pandai dalam memilih lokasi usaha. Sebab lokasi usaha merupakan hal yang sangat krusial. 

Anda harus menentukan lokasi usaha yang strategis agar pembeli dapat mengetahui dimana letak usaha anda.

Kami sarankan pilihlah lokasi strategis yang dapat mudah diketahui oleh orang lain. Misalnya saja di pinggir jalan yang sering dilalui masyarakat. 


Bagaimana Tips yang Bisa Dilakukan untuk Memulai Bisnis Pakan Ternak ?


Bisnis Pakan Ternak, Tips Cara Memulai



1. Survey Produk

Tips pertama yang dapat dilakukan agar bisnis anda menjadi sukses adalah anda harus terlebih dahulu melakukan survey produk. 

Dalam hal ini anda bisa melakukan pengamatan melalui marketplace untuk melihat kualitas serta harga produk pakan ternak di pasaran.

Kemudian anda bisa menganalisis hasil survey anda untuk diterapkan dalam bisnis anda. Anda bisa menganalisis harga jual, merk dan jenis pakan apa yang paling disukai konsumen, penawaran menariknya, serta bagaimana pelayanannya. 


2. Membuat Nama Brand atau Toko

Tips kedua yaitu anda harus membuat nama brand atau toko anda. Walaupun bisnis yang anda buka masih kecil, namun alangkah baiknya jika anda memiliki nama brand atau toko. 

Nama ini akan memudahkan para konsumen untuk menemukan lokasi usaha anda. Penggunaannya pun juga akan membantu memperkenalkan produk di toko anda.

Selain itu, nama ini juga akan menjadi ciri khas dari bisnis anda. Anda harus menentukan nama yang baik karena nama ini adalah sebuah doa yang terus mengiringi setiap langkah bisnis anda. Pikirkan juga nama brand atau toko yang mudah dihafal oleh masyarakat. 


3. Memaksimalkan Modal

Selanjutnya cara yang dapat dilakukan untuk bisnis anda agar dapat berjalan dengan lancar adalah anda harus memaksimalkan modal. 

Modal usaha merupakan hal yang paling krusial dan berharga bagi seseorang yang baru memulai bisnis.

Anda harus mengolah modal dengan baik dengan tujuan agar dapat meningkatkan pendapatan bagi bisnis anda. 

Selain itu, jika anda memanfaatkan modal usaha dengan baik maka akan dapat memaksimalkan cepatnya laju perkembangan bisnis anda.

Jika modal anda pas-pasan maka sebaiknya anda mempertimbangkan kembali pengeluaran yang harus dibelanjakan dan memilih mana yang harus anda prioritaskan. 

Modal ini juga harus anda pantau melalui laporan keuangan yang baik. Dengan begitu anda bisa mengetahui input usaha dan output usaha anda. 


4. Berbelanja Produk Pakan

Setelah anda dapat memanage modal dengan baik, kini saatnya anda berbelanja beberapa produk pakan. Anda tidak harus menyetok dalam jumlah yang banyak, tetapi anda harus menekankan terhadap variasi produk yang akan dijual.

Semakin banyak ragam pakan yang anda jual, maka semakin leluasa pula pembeli untuk memilih. Anda tidak perlu takut untuk memulai karena trial and error itu wajar saat pertama kali memulai bisnis. 


5. Pemasaran Efektif

Tips kelima yaitu anda bisa melakukan pemasaran yang efektif. Tips ini dapat anda lakukan jika point nomor 1 sampai 4 dapat anda selesaikan dengan baik.

Anda harus mempersiapkan pemasaran yang baik disertai dengan target konsumen yang jelas. Di zaman yang serba modern ini anda bisa memaksimalkan pemasaran ofline dan online sekaligus. 

Anda bisa membangun toko untuk pemasaran ofline, dan menggunakan sosial media untuk pemasaran online. 

Setelah itu, anda harus gencar melakukan promosi bisnis anda. Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk membantu mempromosikan produk anda. semakin anda gencar melakukan promosi maka semakin terkenal pula bisnis anda. 

Demikian pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai tips cara untuk memulai bisnis pakan ternak. Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda yang baru memulai bisnis. 

Catatan penting untuk anda, ingatlah bahwa kesuksesan tidak dapat diraih dalam semalam. Perlu perencanaan yang baik serta konsisten agar peluang keberhasilan anda meningkat. Terima kasih. 

 


Post a Comment for " Bisnis Pakan Ternak, Tips Cara Memulai"