Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Begini Proses Bisnis Penjualan Online di Internet

Proses bisnis penjualan online memang terjadi dalam beberapa pokok hal. Mulai dari konsumen yang datang sendiri ke toko online yang kita punya, sampai melakukan order yang kita inginkan. 

Semua proses ini mempunyai alur, dan alur yang ada terjadi karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi marketing.

Proses bisnis dan penjualan online sekarang ini telah menjadi hal yang lumrah dan bahkan menjadi kebutuhan pokok ekonomi. 

Bisnis online juga dapat Anda lakukan hanya menggunakan perangkat Android atau Iphone saja. Karena memang perangkat smartphone sekarang ini telah bisa membuat berbagai hal dan membantu bisnis.


Proses Bisnis Penjualan Online

Terjadinya proses jual beli dan bisa menghasilkan transaksi tentu ada faktor penting yang mempengaruhi, misalnya saja faktor teknik marketing baik menggunakan self selling maupun hard selling.

Penyusunan kalimat penawaran dan detail dari sebuah produk baik barang maupun jasa juga menjadi dasar seseorang untuk mengambil keputusan.

Untuk lebih jelasnya kita akan menguraikan proses bisnis penjualan online dari awal hingga terjadinya transaksi dan menghasilkan closing. 

Setelah nanti Anda paham dengan alurnya, maka Anda bisa menentukan strategi apa yang pas untuk bisnis online Anda.


Proses Bisnis Penjualan Online Berawal dari Pelanggan Masuk ke Lapak

Pelanggan yang masuk ke dalam lapak Anda bisa melewati berbagai macam jalan. Misalnya saja lewat mesin pencari seperti Google, media sosial Facebook, Whatsapp, twitter dan masih banyak lagi. 

Kalau Anda mempunyai website tentu kebanyakan akan masuk melewati mesin pencari. Detail produk Anda sangat berpengaruh untuk hal ini. 


Konsumen Akan Menanyakan Detail Produk dan Melakukan Penentuan

Konsumen yang masuk ke dalam lapak Anda akan langsung menghubungi Anda jika ada langkah kelanjutan. 

Misalnya terkait penawaran lanjutan yang tidak ada dalam keterangan lapak, atau adanya negosiasi terkait harga dan layanan produk.

Dalam hal ini detail dari kontak Anda sangat penting, misalnya menggunakan Whatsapp dan Telegram.

Setelah Yakin dengan Keputusan Pelanggan, Langsung Akan Terjadi Transaksi Pembayaran

Konsumen yang telah yakin dengan produk dan jasa Anda maka akan langsung melakukan transaksi. Detail dari transaksi pembayaran baik menggunakan rekening bank dan dompet digital memang sangat penting. 

Detail dari pembayaran biasanya konsumen akan lebih suka dengan berbagai tipe pembayaran yang beragam. 

Misalnya dari berbagai rekening bank dan berbagai dompet digital. Jadi jangan terpaku pada satu sistem pembayaran saja.


Adanya Pengulangan Order Karena Pengaruh Kualitas Maupun Pelayanan

Proses dalam bisnis baik pembelian maupun penjualan online bisa menjadi siklus jika ada pengulangan order. 

Agar bisa mendapatkan pengulangan order, faktor kualitas dari produk maupun jasa serta layanan memang harus maksimal. Terlebih pada persaingan harga, sekarang ini sangat berpengaruh.

Bahkan dalam beberapa kali promosi saja kalau bisa menghasilkan repeat order bisa menjadikan sebuah bisnis menjadi cepat besar. 

Terlebih mereka yang melakukan repeat order dan menjadi pelanggan tetap bisa berpotensi sebagai marketing bayangan.

Baik secara sadar atau pun tanpa sadar, mereka biasanya akan merekomendasikan jasa dan produk kita ke orang lain.

Sekarang target kita adalah membuat pelanggan yang masuk ke dalam lapak bisa berlangganan dalam setiap bulannya, bahkan menjadi pelanggan tetap.


Strategi Proses Bisnis dan Penjualan Online Untuk Mendapatkan Repeat Order

Begini Proses Bisnis Penjualan Online di Internet


Setelah Anda tahu proses dan alur sebuah bisnis maupun penjualan online, sekarang saatnya menyusun strategi yang pas untuk bisnis online yang sedang Anda jalankan. 

Kita akan susun dari awal mulai dari pembuatan toko online maupun lapak, sampai strategi untuk mendapatkan repeat order dan pelanggan tetap.


Pembuatan Toko Online ( Lapak Online )

Dalam pembuatan lapak ini bisa melalui berbagai macam cara. Untuk melalui website Anda bisa membuat toko online sendiri atau sebuah landing page sebagai pengenalan jasa maupun produk Anda.

Jangan sembarangan dalam pembuatan lapak online. Ini sangat menentukan orang akan membeli produk Anda atau tidak. Ada beberapa hal yang wajib ada dalam lapak online Anda.

Mulai dari keunggulan produk Anda, harga produk Anda dan detail dari layanan maupun kualitas produk dan jasa Anda.

Berikan benefit serta keuntungan yang bisa pelanggan dapatkan ketika menggunakan produk dan jasa Anda. 

Orang membeli mobil karena mereka tidak ingin kehujanan dan kepanasan dalam perjalanan. Orang membeli jasa pembuatan website karena bisnisnya ingin terkenal di internet. Dan orang akan membeli cctv untuk keamanan rumahnya.

Berikan benefit dan keuntungan jika menggunakan produk maupun jasa dari Anda. Anda bisa menggunakan website sendiri atau menggunakan platform market place seperti shopee, tokopedia dan bukalapak. Atau bisa juga menggunakan media sosial seperti Facebook dan Telegram.


Proses Bisnis dan Penjualan Online Bertumpu pada Copy Writing Serta Artikel SEO

Jangan pernah tinggalkan SEO. Teknik yang satu ini memang sangat ampuh dalam menggaet pelanggan untuk masuk dan berkenalan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Bahkan kebanyakan orang sekarang ini mencari produk dan jasa langsung dari mesin pencari seperti Google. 


Strategi Customer Service

Costumer service mempunyai pengaruh besar dalam sebuah bisnis, ia akan bertugas untuk membantu semua keperluan pelanggan. Baik dalam penjelasan produk maupun sebagai pusat bantuan.

Harus bisa dihubungi dalam berbagai keadaan. Kalau memang Anda tidak bias menjalankannya sendiri bisa menggunakan peranan orang lain untuk dijadikan sebagai costumer service.


Detail Pembayaran yang Lengkap

Pembayaran yang lengkap meliputi berbagai rekening bank dan berbagai layanan dompet digital. Setidaknya jangan terpaku dengan satu pusat pembayaran saja. 

Pembayaran yang beragam bisa memberikan banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Karena tidak semua konsumen Anda menggunakan rekening bank maupun dompet digital yang sama dengan yang Anda punya.


Berlangganan Email dan Berikan Reward

Konsep email marketing bisa Anda jalankan pada bisnis Anda. Setiap pelanggan bisa Anda minta emailnya. 

Jangan langsung minta emailnya namun dengan strategi khusus, misalnya dengan mengirimkan file ke dalam email jika produk Anda produk digital. namun jika produk fisik bisa memberikan faktur dan bukti transaksi via email.

Setelah anda mengoleksi email dari para pelanggan ini, setidaknya sebulan sekali atau beberapa minggu sekali berikan reward diskon maupun bonus dalam pemesanan. 

Strategi marketing dan bisnis lewat kampanye email ini memang sangat efektif untuk mendapatkan pelanggan kembali memesan produk yang Anda jual.

Semakin hari tentunya semakin banyak email yang akan Anda dapatkan. Agar bisa lebih efektif, kampanye marketing email, SEO serta kampanye dengan media sosial bisa Anda jalankan secara serentak. Ini sangat efisien dalam membuat produk Anda semakin dikenal banyak orang.

Yang paling penting selain strategi marketing agar proses bisnis penjualan online ini bisa berulang, sebaiknya jangan pernah melakukan berbagai hal yang bisa membuat kualitas produk Anda menjadi buruk.

Kualitas produk dan jasa yang Anda tawarkan strategi marketing nya harus pas dan sesuai target. Jangan pernah juga melakukan spam, lebih baik gunakan SEO dan kampanye sesuai target marketing.

Post a Comment for "Begini Proses Bisnis Penjualan Online di Internet"