Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tahu Cara Kerja Google Ads? Baca Ulasannya Hanya Disini!

cara kerja Google Ads
cara kerja Google Ads


Mau Tahu Cara Kerja Google Ads? Baca Ulasannya Hanya Disini! Google Adwords atau yang kerap disingkat sebagai Google Ads merupakan salah satu sistem yang dibuat oleh Google untuk menangani periklanan bagi seluruh bisnis di dunia internet. Namun masih banyak yang belum tahu manfaat dan cara kerja Google Ads. Dan berikut penjelasannya:

Mau Tahu Cara Kerja Google Ads? Baca Ulasannya Hanya Disini!

1. Memudahkan Menargetkan Iklan

Hal ini dijalankan dengan menargetkan iklan Kamu ke satu bidang, atau menargetkan ke para pengunjung yang memang sekedar tertarik untuk mencari bisnis. Dengan kata lain mesin pencari akan menampilkannya jika saja kata kunci disesuaikan  dengan kata kunci yang ada di dalam bisnis Kamu. Tetapi Google Ads menawarkan beberapa cara untuk menargetkan iklan pada tiap-tiap kliennya.

2. Memberi tambahan Kendali Biaya

Google Ads juga menambahkan sebuah kendali kepada klien-kliennya tentang sebuah cara membelanjakan uang Kamu. Disini Kamu dapat menentukan berapa besar Kamu bisa mengeluarkan biaya sanggup per bulan, atau per hari, dan per iklan yang ditampilkan. Dengan konsekuensi bahwasanya Kamu akan membayar ke pihak Google kalau saja ada pengunjung yang mengklik iklan Kamu.

3. Kemudahan Mengukur Keberhasilan Bisnis

Dengan sistem Google Ads Kamu dapat memantau bisnis. Entah dari siapa saja yang mengunjungi website bisnis, atau tiap-tiap pengunjung yang mengklik iklan Kamu dan melakukan sesuatu yang cukup menguntungkan untuk bisnis yang Kamu jalani.

4. Kemudahan Mengelola Kampanye Bisnis Kamu

Dengan Google Ads Kamu juga bisa mendapat alat yang bisa Kamu gunakan untuk memantau dan juga mengelola akun dengan sangat mudah. Bagaimana tidak? Bagi yang mempunyai sebagian akun Google Adwords, Kamu dapat menonton dan mengelola seluruh akun dengan mudah apalagi hanya di satu lokasi. Itulah sebagian kegunaan yang dapat Kamu dapatkan jika menggunakan Google Adwords. Tapi masih ada beberapa keuntungan lainnya .

Cara Kerja Google Ads

Google Ads adalah tools pemasangan iklan digital yang mana Kamu dapat memasang iklan dengan spesifikasi khusus agar bisnis Kamu bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Sama halnya memasang iklan di media offline, ada biaya yang perlu Kamu bayarkan untuk tiap tiap iklan yang ditayangkan. Bedanya, Kamu harus memahami cara kerja Google Ads terlebih dahulu sehingga iklan yang Kamu pasang bisa menjangkau sasaran market yang Kamu ingin.

Pemilihan Keyword yang Merujuk Bisnis Kamu

Hal paling pertama yang wajib Kamu pahami adalah pemilihan keyword atau kata kunci yang akan Kamu gunakan di dalam pemasangan iklan. Kenapa pemakaian kata kunci yang tepat memegang peranan penting? 

Mudahnya coba pahami ini: posisikan diri Kamu sebagai pelanggan. Kamu butuh membeli sepatu olahraga dan hendak melakukan pembelian secara online. Maka kata kunci yang akan Kamu masukkan ke kotak pencarian di internet bisa jadi “Sepatu olahraga murah” atau “Sepatu olahraga basket”. 

Jikalau Kamu lakukan hal ini, pasti calon pelanggan Kamu juga melakukan hal yang sama. Maka, pikirkan kata kunci yang paling mendekati dengan product yang Kamu pasarkan, sekaligus kata kunci itu merupakan kata kunci yang paling banyak diketikkan pengguna internet secara umum. Kamu dapat melakukan riset kata kunci terlebih dahulu dan jangan lupa gunakan pula Latent Semantic Indexing (Lsi) untuk melengkapi kombinasi kata kunci yang Kamu gunakan.

Bagaimana cara memilih keyword atau kata kunci yang disesuaikan?

tersedia biaya yang harus Kamu bayarkan ketika memasang iklan menggunakan Google Ads. Maka pahami Penentuan Biaya Iklan Supaya Budget Kamu Bukan Jebol. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada biaya yang harus Kamu bayarkan ketika memasang iklan menggunakan Google Ads.

Kamu harus tau dengan baik cara menentukan dan menghitung biaya yang harus Kamu keluarkan agar budget iklan Kamu tidak besar pasak daripada tiang, tidak besar biaya iklan daripada penghasilan atau laba yang akan Kamu dapatkan. Beberapa pilihan biaya iklan yang ada di Google Ads:
  • Pay per Click adalah biaya yang wajib Kamu bayar jikalau ada calon pelanggan yang melakukan klik pada iklan Kamu. Nah yang harus diwaspadai dan dihitung dengan baik, berapa besar takaran pelanggan yang klik melakukan pembelian.
Jangan sampai ada lebih banyak pelanggan yang klik iklan, tapi mereka tidak melakukan pembelian. Otomatis jika ini yang terjadi, Kamu akan mengalami kerugian implikasi biaya iklan yang lebih besar dari penghasilan yang Kamu dapatkan.
  • Pay per Thousand Impression atau biaya per 1000 impresi merupakan biaya iklan yang baru akan dibebankan kepada Kamu kalau ada 1000 orang yang menemukan iklan Kamu di halaman pencarian Google.
Kalau Kamu hanya ingin meningkatkan brand awareness atau branding produk saja tanpa memusingkan ada tidaknya penjualan, maka cara beriklan di Google Ads yang satu ini bisa Kamu gunakan.
  • Pay per conversion adalah cara beriklan di Google Ads yang banyak dianggap lebih efektif oleh para pebisnis yang sudah menggunakannya. Biaya iklan pada pilihan ini hanya akan Kamu bayarkan kalau calon pelanggan yang sudah Kamu tentukan mengakses situs bisnis Kamu melalui iklan yang tayang dan apakah mereka memasukkan produk ke keranjang belanja yang tersedia atau tidak.
ada beberapa matriks yang bisa Kamu jadikan indikator dalam evaluasi dan analisis. Dan di bawah ini merupakan penjelasannya.

Matriks yang Menentukan Kualitas Iklan di Google

Untuk mengetahui seberapa berkualitas iklan yang Kamu pasang di Google Ads, maka ada beberapa matriks yang bisa Kamu jadikan indikator dalam evaluasi dan analisis, seperti:
  • Kinerja kata kunci pada halaman pencarian Google, apakah berada pada skor 10 yang berarti memiliki kinerja terbaik, atau hanya mendapatkan skor 1 karena kinerja kata kunci tidak sesuai dengan yang Kamu harapkan (kata kunci masih sulit ditemukan di mesin pencari).
  • Pengalaman pengguna pada landing page di website bisnis Kamu. Apakah pengunjung yang masuk ke situs bisnis bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan? Apakah landing page berisi informasi sesuai dengan iklan yang Kamu pasang? Apakah penggunaan kata kunci di landing page dan di situs bisnis sama dengan yang Kamu gunakan saat pemasangan iklan?
  • Spesifik tidaknya iklan yang Kamu buat juga memberi pengaruh pada kinerja iklan di Google Ads. Maksudnya relevansi iklan dengan kondisi situs bisnis harus mengkomunikasikan hal yang sama. Contohnya, bisnis Kamu hanya dalam bentuk online store, maka jadi tak relevan kalau Kamu menambahkan button “Dapatkan produk secara offline.”
Dengan memahami cara kerja Google Ads Kamu bisa melakukan pemasangan iklan yang lebih tepat sasaran. Selain itu, biaya yang Kamu keluarkan juga tidak akan membuat Kamu mengalami over budget. Dan pastinya itu lebih menguntungkan untuk bisnis yang sedang kamu rintis. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Post a Comment for "Mau Tahu Cara Kerja Google Ads? Baca Ulasannya Hanya Disini!"