Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenapa Endorse (Endorser ) Masih Layak jadi Pilihan dalam Pemasaran Bisnis


Di zaman yang serba makin canggih sekarang ini, banyak hal yang bisa dilakukan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. Hal ini semakin lebih menarik dengan hadirnya istilah endorse yang mulai banyak dilakukan sebagai metode untuk memasarkan produk.

Anda yang sering menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram serta Twitter pasti sudah sering melihat kata-kata endorse ini. Bahkan banyak artis di Instagram yang dibayar dengan harga yang cukup mahal hanya untuk melakukan endorse produk. 

Endorsement atau endorse merupakan istilah dari pemasaran produk atau jasa yang sebenarnya memiliki beberapa pengertian, bergantung dari bidang apa yang sekarang ini sedang dibahas. Kata seperti endorse ini sering dipergunakan dalam asuransi, bisnis dan juga digunakan dalam pemasaran. Kata endorse begitu erat kaitannya pada dunia pemasaran, banyak orang yang menyebutkan jika pemasaran sebuah produk di internet dengan cara endorse identic dengan pemasaran dari public figure. Dimana dengan memasarkan menggunakan pubik figure ini dapat memberi dampak yang luar biasa untuk penjualan produk tersebut. 

Di dalam pemasaran secara online, arti dari endorse merupakan dukungan atau saran yang diberi kepada sebuah produk dan jasa dimana dukungan tersebut dilakukan oleh orang yang mempunyai pengaruh luas untuk menjangkau pemasarannya, misalnya saja artis yang sudah terkenal, tentu banyak orang yang mengikutinya. Dengan kata lain, endorse merupakan jenis iklan untuk memanfaatkan seleb atau profesional untuk mengatakan hal baik mengenai sebuah produk atau layanan tertentu. Dari sisi pemilik produk akan memperoleh keuntungan karena menggunakan nama orang terkenal untuk mempromosikan produk yang ia jual, dan disisi lain endorser tersebut juga mendapatkan keuntungan.

Baca juga " Terbukti Menghasilkan! Strategi Jualan di Facebook untuk Pemula "

Endorser merupakan suatu strategi marketing dengan memanfaatkan icon orang-orang terkenal seperti artis, tokoh dan bintang iklan lainnya yang memiliki pengaruh langsung dan kuat serta menggunakan atribut kesohorannya tersebut untuk menarik konsumen melakukan pembelian.
Dengan menggunakan jasa endorser diharapkan bisa memberikan dampak positif jangkauan pemasaran antara produk yang dipasarkan dengan endorser. dimana konsumen bisa secara cepat dan jelas mengingat dan mengenali sebuah merek penjualan (brand awareness). Setelah mendapatkan identifikasi yang jelas, dan juga diharapkan nantinya pembelian terhadap produk akan meningkat.

Setelah mengetahui pengertian dari endorse, Anda pasti penasaran dengan kelebihan menggunakan cara endorse ini untuk kegiatan promosi. Ada beberapa kelebihan saat menggunakan promosi dengan endorse. 

Pertama, promosi suatu produk atau layanan akan menjadi sangat efektif. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, artis atau orang yang terkenal biasanya mempunyai pengikut media sosial yang cukup banyak, pengikut selalu memperhatikan kegiatan artis. Bukan hanya kegiatan yang sesuai dengan profesi, namun hal yang bersifat pribadi dan diunggah juga turut menjadi konsumsi publik. Saat artis melakukan upload sesuatu di media sosialnya seperti Instagram, bisa dipastikan postingan tersebut akan dilihat pengikutnya. Akun Instagram si pemilik produk juga ikut terkenal karena artis memberikan tag di akun. 

Kedua, hemat biaya pemasaran. Bukan hanya efektif, namun dapat membuat proses pemasaran Anda menjadi lebih hemat. Hemat di sini bukan hanya mengenai jumlah uang yang harus dikeluarkan, namun tentang dampak pemasaran yang Anda lakukan, bayangkan besaran uang yang harus Anda keluarkan bila promosi menggunakan iklan di televisi dan radio. Promosi dengan endorsement ini hanya perlu mengirimkan produk ke si artis dan melakukan transfer biaya endorse sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan. Tetapi, Anda juga harus tepat memilih artis yang akan mempromosikan produk ini sesuai dengan artis yang Anda inginkan.

Baca juga " 10 Bisnis Online Paling Menguntungkan di 2020 "

Kelebihan Endorser

Menurut Jewler dan Drewniany (2005), ada beberapa keuntungan atau kelebihan apabila menggunakan selebriti sebagai endorser, diantaranya yaitu:

Memiliki kekuatan menghentikan, artinya selebriti sebagai endorser bisa digunakan untuk menarik perhatian dan membantu menyelesaikan kekacauan yang dibuat iklan-iklan lainnya.

Merupakan figur yang disukai audiens diharapkan memiliki kekaguman terhadap selebriti sebagai endorser yang akan berpengaruh juga produk atau perusahaan yang diiklankan. Sebelum memutuskan memilih seorang selebriti sebagai endorser, perusahaan harus memeriksa dan mengukur popularitas dan daya tarik selebriti tersebut sebagai orang terkenal.

Baca juga "Tips dan Trik Menjadi Selebgram 2020"

Memiliki keunikan karakteristik yang bisa membantu mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan pada audiens. Selebriti sebagai endorser yang memiliki kesesuaian karakteristik dengan produk yang akan diiklankan akan lebih membantu dalam menyampaikan pesan dalam sebuah cara yang dramatis.

Setelah mengetahui pengertian dari endorse, Anda pasti penasaran dengan kelebihan menggunakan cara endorse ini untuk kegiatan promosi. Anda bisa mencari jasa endorsement ini di sosial media. Mereka juga biasanya akan membuat suatu iklan agar dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan jasa endorsement ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda dan juga usaha Anda.


,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
Source of picture : http://www.freepik.com">Designed by jcomp / Freepik

Post a Comment for "Kenapa Endorse (Endorser ) Masih Layak jadi Pilihan dalam Pemasaran Bisnis"