Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan

Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan



Perencanaan keuangan adalah kegiatan memanajemen keuangan agar mencapai tujuan keuangan. Dengan merencanakan keuangan, anda telah selangkah lebih maju dibandingkan kebanyakan orang karena kebanyakan orang tidak pernah merencanakan keuangan mereka.

Dengan membuat perencanaan keuangan, anda telah menambah kecerdasan keuangan anda. Yang disebut oleh Robet T. Kiyosaki sebagai IQ Finansial.

ada 5 kecerdasan keuangan menurut Robet T. Kiyosaki yaitu:


1. Kecerdasan mencari uang


Dalam mencari uang, Kiyosaki membaginya menjadi 4 kuadran: employe, self-emoploye, buisness dan investor. Employe adalah karyawan yang terikat waktu dan tempat pada suatu perusahaan, self-employe adalah orang yang mendapatkan uang hanya saat mereka bekerja, buisness ower adalah orang yang mendapatkan uang dari bisnis, dan investor adalah orang yang mendapatkan uang hari hasil investasi pada perusahaan lain.

Kiyosaki menyarankan untuk memiliki multiple source income atau pendapatan tambahan dari kuadran lain ataupun pindah kuadaran. Misalnya sebagai karyawan (employe) dapat melakukan investasi ( menjadi investor) agar dapat pindah dari kuadran kiri ke kuadran kanan.

Dalam perencanaan keuangan, seseorang harus menginvestasikan sebagian uangnya untuk investasi yang nantinya dimasa depan investasi ini akan memberi kita gunakan saat pensiun dan menikmati hari tua. Yang artinya juga perencanaan keuangan menjadikan seseorang menjadi seorang investor di kuadran kanan.

2. Kecerdasan melindungi uang


Melindungi uang artinya bagaimana menjaga uang agar tidak keluar dari dompet kita. Misalnya dengan menggunakan ansuransi, manajemen pajak yang baik, tabungan, dan lain sebgainya.

Melindungi uang juga berarti menghindari dari investasi yang salah, atau membeli hal-hal yang tidak berguna yang hanya menghabiskan uang. Keterampilan melindungi uang sangat penting mengingat banyak cara bagi bank atau perusahaan merayu seseorang untuk berlaku boros.

3. Kecerdasan mengungkit uang


Mengungkit uang artinya bagaimana menjadikan sedikit uang menjadi banyak, bagaimana yang banyak menjadi sangat banyak. Salah satu cara mengungkit uang adalah dengan bunga investasi. Ini sangat bagus bagi anda sebagai karyawan. Ketimbang menabung, lebih baik anda menginvestasikan uang untuk masa depan.

Jika ada seorang self employe, anda dapat mengungkit uang dengan pindah ke kuadran kanan dengan mengleola uasaha anda menjadi seperti sebuah perusahaan profesional, ini adalah cara terbaik bagi seorang self employe untuk pindah ke kuadran kanan dan mengungkit uang lebih baik.



4. Kecerdasan mengalokasikan uang


Mengalokasikan uang adalah hal yang sangat penting dalam keuangan, ini yang menentntukan apakah nantinya seseorang menjadi miskin, kelas menengah atau kaya. Dengan mengalokasikan pendapatan dengan tepat, seseorang akan mencapai tujuan keuangan dengan cepat.

Mungkin saat ini anda memiliki alokasi pendapatan yang sangat tidak proporsional, maka cara terbaik untuk mengubahnya adalah dengan membuat perencanaan keuangan agar alokasi menjadi lebih tertata. Namun seseorang harus disiplin dalam melakukannya agar rencana tidak hanya di atas kertas namun dilakukan secara konsisten.

5. Kecerdasan mencari peluang keuangan


Ini adalah kecerdasan keuangan yang banyak dimiliki oleh orang kaya. Mereka mampu melihat peluang disekitar mereka untuk dimanfaatkan guna memperoleh uang. Kenyataannya, peluang memang ada dimana-mana namun jarang orang mampu secara jeli melihatnya.

Setiap benda yang kita lihat merupakan sebuah produk yang menghasilkan uang baik dengan menjualnya, memproduksinya, memasangnya, atau perawatannya. Semua merupakan produk yang dapat dibuat. Jika seseorang cukup jeli melihat peluang didalamnya dan mampu memanfaatkannya, maka peluang keuangan akan muncul. Demikian juga seorang investor yang jeli melihat peluang investasi.

Jika anda membuat perencanaan keuangan, anda telah meningkatkan setidaknya 3 dari 5 kecerdasan keuangan yaitu melindungi, mengungkit dan mengalokasikan uang. Dengan melakukan hal ini tujuan keuangan anda akan tercapai lebih mudah.

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan

Dalam buku Power, Profit and Passion dibuat analogi jika seandainya uang di seluruh dunia dibagi rata, maka dalam 5 tahun kekayaan akan dalam komposisi semula. Pertanyaannya jika seandainya anda mendapatkan uang, kemana uang anda pergi, itu sangat menentukan apakah anda akan menjadi orang kaya, menengah atau miskin.

Ini semua dapat diatur dengan memiliki perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan dapat menuntun kita untuk mencapai tujuan keuangan entah pensiun muda, memilki properti, mobil atau apapun itu.

Untuk lebih jauh, anda dapat mempelajari pentingnya perencanaan keuangan melalui artikel ini: 8 Alasan Mengapa Perencanaan Keuangan Pribadi Penting

Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

Setelah anda mengetahui pentingnya perencanaan keuangan, anda harus segera membuat perencanaan keuangan pribadi. Perencanaan keuangan pribadi tidaklah begitu sulit dibuat jika anda memiliki ilmu bagaimana memanajemen keuangan.

Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan

Konsep utama dari perencanaan keuangan pribadi adalah mengalokasikan pendapatkan pada tempat yang tepat agar nantiya uang akan bekerja dengan sendirinya dan anda memiliki peternakan uang yang akan semakin besar tiap harinya.

Untuk mengetahui kompisisi alokasi keuangan anda, jenis investor apakah anda, dan kemana uang harus diinvestasikan, anda wajib membaca artikel kami berikut: Panduan Cara Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi Lengkap

Membuat Perencanaan Keluarga

Jika anda telah membaca panduan cara membuat perencanaan keuangan pribadi lengkap seperti yang direkomendasikan diatas, selanjutnya anda perlu mempelajari cara membuat perencanaan keluarga. Jika anda memiliki keluarga atau bersiap membangun keluarga nantinya anda dapat mempelajari cara membuat perencanaan keluarga.
Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan

Membuat perencanaan keluarga sedikit berbeda dengan perencanaan pribadi. Namun jika anda belum mempelajari cara membuat perencanaan keuangan pribadi, anda sebaiknya membaca artikel diatas sebelum melanjutkan ke topik ini.

Namun jika anda sudah membacanya, anda dapat melanjutkan untuk materi selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu: Cara Membuat Perencanaan Keuangan untuk Keluarga Anda

Membuat Perencanaan Perusahaan


Jika anda memiliki perusahaan, ini juga tidak kalah penting dibandingkan perencanaan pribadi dan keluarga. Dengan memiliki perencanaan keuangan perusahaan, anda dapat melihat kondisi keuangan perusahaan dan merencanakan langkah kedepannya.

Sangat beresiko jika perusahaan tidak memiliki perencanaan perusahaan karena kondisi kas tidak dapat dikontrol dan dikelola. Selain itu perusahaan yang tidak merencanakan keuangannya akan cenderung stagnan.

Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan


Oleh sebab itu, perencanaan keuangan perusahaan bukanlah sekedar pilihan, tetapi juga kewajiban. Anda harus membuatnya segera jika belum membuatnya. Kami memiliki artikel yang memandu anda untuk menyusun perencanaan keuangan perusahaan. Silahkan baca pada artikel berikut ini: Cara Menyusuan Perencanaan Keuangan Perusahaan dengan Mudah

Hindari Kesalahan Perencanaan Keuangan

Jika anda telah memutuskan untuk merancang perencanaan keuangan untuk pertama kali, sangat mungkin anda mengalami beberapa kesalahan. Kesalahan ini mungkin tidak begitu terlihat diawal, namun dalam jangka panjang akan berefek buruk.

Untuk menghindari kesalahan umum yang biasa dilakukan seseorang, anda perlu mempelajari apa saja kesalahan perencanaan keuangan yang umumnya dilakukan oleh seseorang agar tidak mengalami kesalahan yang sama dan tampa melwati trial error yang begitu lama. Simak: 7 Kesalahan Perencanaan Keuangan Yang Harus Dihindari

Post a Comment for "Segala Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Perencanaan Keuangan"