Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Ide Usaha Untuk Menambah Pendapatan Tambahan Bagi Karyawan


 7 Ide Usaha Untuk Menambah Pendapatan Tambahan Bagi Karyawan


Sebagai seorang karyawan, mungkin gaji yang diterima dari perusahaan tidaklah mencukupi semua kebutuhan sehari hari, menabung dan investasi. Maka jika anda memiliki waktu luang atau modal anda dapat memulai usaha untuk membantu keuangan anda.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha tergantung pada usaha apa yang dijalankan dan bagaimana usaha dijalanakan. Namun jika anda memiliki modal minim, itu bukan alasan untuk memulai usaha.

Banyak usaha sampingan dengan modal yang minim yang dapat anda jalankan dengan mudah tanpa mengganggu aktifitas pekerjaan anda di perusahaan tempat anda bekerja.

Namun sebelum memilih usaha apa yang dirasa cocok untuk anda, sebaiknya anda memepertimbangkan hal berikut ini:


1. Waktu luang


Apakah anda memiliki waktu luang yang cukup untuk mengurusi usaha anda? Karena secara umum usaha membutuhkan perhatian lebih apalagi saat memulainya.

Namun anda dapat mensiasatinya dengan menggunakan waktu luang orang lain alias merekrut orang lain untuk mengurusi usaha anda.

2. Modal


Beberapa usaha memang dapat dijalankan tanpa modal. Namun jika anda hendak meningkatkan usaha anda, anda dapat mempertimbangkan menggunakan promosi berbayar untuk pemasaran.

3. Pikiran


Sebagai orang yang hendak memulai usaha, pikiran akan dipenuhi pikiran akan segera sukses, banyak yang membeli, dan segala pencapaian jika usaha dijalankan. Meskipun hal itu menumbuhkan optimisme, namun pertimbangkanlah hal-hal terbruk yang mungkin dapat terjadi dan bagaimana anda menanganinya.

Beberapa usaha menguras perhatian dan menghadapi beberapa hal yang tak terduga seperti komplain, revisi, promosi, tidak laku, dan lain sebagainya.

4. Kerjasama


Cara terbaik memulai usaha adalah melakukan kejasama. Dengan demikian, usaha anda tidak diurus seorang diri namun secara bersama-sama. Apalagi dijalankan oleh orang yang telah berpengalaman melakukan usaha tersebut.

5. Izin


Mungkin perusahaan tidak mengizinkan anda untuk memulai usaha agar fokus bekerja saja. Maka anda harus memperhatikan petunjuk dan aturan perusahaan dan memastikan perusahaan mengizinkan karyawannya membuat usaha.

Berikut beberapa ide usaha sampingan yang layak anda coba:


 7 Ide Usaha Untuk Menambah Pendapatan Tambahan Bagi Karyawan

1. Jasa Laundry


Dizaman serba praktis seperti saat ini, jasa laundry tumbuh sangat cepat dan dalam kondisi yang sangat stabil. Ini dapat menjadi peluang bagi anda untuk memulai bisnis laundry.

Bisnis laundry memiliki pangsa pasar yang cukup besar diantaranya adalah mahasiswa dan karyawan. Jika anda berada di lingkungan yang terdapat banyak karyawan dan mahasiswa, itu menjadi peluang yang jauh lebih besar lagi.

Modal yang dibutuhkan sekitar 10 juta rupiah untuk awal usaha untuk membeli membeli mesin cuci otomatis dan mesin pengering, timbangan, plastik, dan setrika.

Anda dapat menyewa seorang pegawai untuk mengususi bisnis ini dengan gaji antara Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta rupiah.

Anda bisa juga bergabung dengan waralaba bisnis laundry, selain jauh lebih mudah, peluang berhasil akan jauh lebih besar karena akan dibantu oleh mereka yang jauh lebih berpengalaman.

Jika tertarik bergabung dengan waralaba, pilihlah waralaba yang memiliki sistem yang mendukung segala aspek yang terkait bisnis anda mulai dari berdiri hingga pemasaran.

2. Bisnis PPOB


PPOB atau Payment Point Online Bank adalah layanan pembayaran yang bisa dilakukan oleh pemilik tagihan. Layaknya loket pembayaran, PPOB menerima segala jenis pembayaran seperti BPJS, pulsa, kuota, listrik, game online dan lain sebagainya.

Meskipun sudah sangat banyak aplikasi yang mendukung pembayaran online saat ini, kenyataannya bisnis ini tidak akan pernah mati dan dapat dijalankan oleh semua orang terlebih lagi uang tunai masih menjadi priortitas semua orang saat ini.

Bisnis ini tidak memelukan modal yang besar, hanya perlu telepon genggam saja dan modalnya juga tidak begitu banyak bahkan bisa 50-100 ribu saja.

Calon konsumen anda bisa orang-orang terdekat anda seperti tetangga, kerabat, keluarga, dan rekan kerja.

3. Binsis Online


Bisnis online menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda selain karena fleksibilitasnya, bisnis online juga sangat cocok bagi karyawan seperti anda yang hendak memulai bisnis.

Terdapat banyak bisnis online yang dapat anda kerjakan misalnya dengan dropship, reseller, blogging, affiliasi, membuat produk digital dan lain sebagainya.

Meskipun bisnis online mendukung fleksibilitas, namun tetap dibutuhkan konsistensi, kerja keras dan komitmen dalam menjalankannya.

4. Peternakan

Beberapa jenis hewan ternak tidak begitu membutuhkan perhatian yang begitu banyak sehingga dapat dikerjakan sambilan anda bekerja di kantor.

Hewan ternak yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat dapat anda pelihara karena hewan yang memiliki daya tahan yang kuat memiliki perawatan yang lebih sedikit sehingga tidak meyita perhatian anda begitu banyak.

Beberapa hewan ternak yang dapat anda pilih misalnya lele, puyuh, mujair, merpati, ayam kampung dan lain sebagainya.

Untuk memulainya disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahlu, kemudian mencobanya dalam jumlah kecil untuk mempelajari karakteristik hewan ternak tersebut, kemudian setelah itu anda dapat memulai usaha peternakan yang lebih besar.

5. Perkebunan


Sama seperti peternakan, perkebunan bahkan seringkali jauh lebih mudah ketimbang merawat peternakan. Ini memang memerlukan lahan yang luas, namun jika anda tidak memiliki lahan yang cukup luas, hasilnya tidak begitu besar.

Namun jika anda memiliki lahan yang luas, anda dapat membangun perkebunan yang dapat anda rawat pada pagi dan sore hari yaitu waktu sebelum dan setelah pulang bekerja.

Terdapat sangat banyak pilihan perkebunan yang dapat anda pilih yang tidak begitu menyita waktu dan tenaga. Berkebun juga dapat menjadi sarana rekreasi anda dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

 7 Ide Usaha Untuk Menambah Pendapatan Tambahan Bagi Karyawan


6. Pekerja lepas


Menjadi pekerja lepas merupakan pilihan terbaik bagi anda. Sama seperti bisnis online, menjadi pekerja lepas juga tidak memerlukan modal untuk memulainya. Anda hanya perlu menjual keterampilan yang anda miliki.

Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan dengan mejadi pekerja lepas terlebih jika memiliki keterampilan spesifik yang bagus pada bidang-bidang tertentu seperti pemprograman, desain, menulis, pengisi suara, pemasaran, dan lain sebagainya.

Anda dapat menawarkan jasa anda di beragam platform seperti Sribulancer, Freelancer.com, Fiverr, Projects.co.id dan lain sebagainya.

7. Menjual makanan untuk sarapan


Makanan untuk sarapan memiliki peluang yang sangat besar karena sangat banyak karyawan, pelajar, atau mahasiswa yang memilih untuk makan diluar ketimbang masak sendiri.

Anda dapat mengubah halaman depan rumah anda sebagai tempat usaha. Terlebih lagi jika posisinya strategis, itu akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menjual mulai dari nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam, dan juga gorengan.

Jika anda memiliki istri, semua kebutuhan dapat dibuat oleh istri dan dikelola bersama istri. Dan jika dikelola secara baik, usaha ini dapat tumbuh dengan pesat.

Itulah 7 ide bisnis untuk menambah pendapatan tambahan bagi karyawan yang dapat anda coba. Semoga tulisan ini dapat menjadi reverensi anda untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Post a Comment for " 7 Ide Usaha Untuk Menambah Pendapatan Tambahan Bagi Karyawan"