Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Sukses Raih 100 Juta Pertama dari Tiktok


Aplikasi paling digemari saat ini adalah tiktok, tak hanya untuk sekedar seru-seruan, tiktok digunakan untuk mendapat uang dengan percuma. 

Dari anak muda hingga paruh baya sudah tak asing lagi dengan aplikasi tiktok karena telah mendunia di seluruh dunia. 

Ini terjadi karena pengguna tiktok dapat memanfaatkan platform tersebut untuk uang, bahkan terdapat beberapa cara untuk menghasilkan uang dari aplikasi tiktok ini. 

Bagaimana sejarah awal munculnya aplikasi tiktok?


Toktok adalah aplikasi populer beberapa tahun ini, ini bukan hanya karena untuk sekedar seru-seruan namun karena di aplikasi ini Anda bisa mendapat uang secara percuma. 

Mulai dari anak muda hingga paruh baya yang telah merasa familiar dengan kehadiran tiktok di dunianya saat ini, ini terjadi karena pengguna tiktok yang selalu memanfaatkan platform untuk keperluan pribadi salah satunya uang. 

baca juga : Kelebihan Aplikasi Tiktok dari Aplikasi Media Sosial Lainnya

Sejarah Tiktok

Platform media sosial yang memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk merekam video singkat diiringi dengan musik, adalah tiktok. 

Tiktok merupakan aplikasi video pendek yang memiliki nama awal douyin, aplikasi ini dirilis oleh perusahaan asal China yaitu ByteDance pada tahun 2016. Douyin ini telah memiliki sekitar 100 juta pengguna di dalam negara sebesar China. 

Aplikasi ini kemudian menjadi rebranding dengan nama tiktok karena keberhasilannya, agar dapat lebih diterima di pasar global developer mengubah namanya dari douyin menjadi tiktok. 

Usaha ini amat berhasil karena saat ini tiktok mempunyai sekitar 1 milyar pengguna aktif di seluruh penjuru dunia. Bahkan di negara Indonesia sendiri, aplikasi ini awalnya hanya dipandang sebelah mata. 

Indonesia memandang aplikasi tiktok sebelah mata, dan dianggap sebagai aplikasi alayers bahkan pada tahun 2018 sempat diblokir oleh kominfo. 

Platform media sosial yang memungkinkan penggunanya mereka video singkat yang diiringi musik ini kembali bersinar saat pandemi dan hingga saat ini. 

Bahkan aplikasi yang dicap sebagai aplikasi alayers booming di kalangan anak muda. 

Bahkan di masa pandemi saat ini tiktok ini tembus angka 22,2 juta pada tahun kemarin. Hal ini dikarenakan aplikasi ini dinilai menguntungkan penggunanya, bahkan tiktok memberikan bayaran atau yang untuk setiap pengguna jika pengguna tersebut melakukan tugasnya dengan baik dan benar. 

Ini adalah salah satu alasan mengapa tiktok makin digandrungi oleh khalayak. 


Cara Sukses Raih 100 Juta Pertama dari Tiktok


Bagaimana cara mendapat uang di aplikasi tiktok hingga 100 juta?

Aplikasi tiktok adalah platform media sosial yang dikenal dengan video pendek di dalamnya, video pendek tersebut biasanya diisi dengan lagu jedag-jedug. 

Tiktok adalah aplikasi yang awalnya dipandang sebelah mata oleh karena dicap sebagai aplikasi alay. Namun tak ayal aplikasi ini booming di kalangan anak muda karena fitur-fitur serta hal yang berada di dalamnya. 


baca juga : Trik Jitu untuk Viral ala Tiktok


Jika youtube dengan adsensenya, maka tiktok tak memberi bayaran untuk setiap ads yang dipasang di aplikasi pengguna, cara mendapat uang di tiktok adalah dengan cara menggunakan alternatif. 

Terdapat satu cara paling efektif yang berguna sekali untuk Anda para pengguna tiktok, baik yang sudah lama, masih baru, pemilik brand, akun personal atau bahkan lain sebagainya. Cara tersebut adalah sebagai berikut. 


1. Sponsored Content Post dan Donasi atau Payout Coins

Jika Anda influence tiktok maka Anda wajib mencoba sponsored content post, dan Anda dapat mempromosikan brand yang Anda punya. 

Pada umumnya agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video untuk mengukur tingkat engagemet content creator di tiktok. Maka akan terlihat apakah followers Anda cocok atu alias target market dari brand. 

Sponsored content post adalah cara yang cocok untuk Anda yang telah memiliki follower ribuan atau bahkan milyaran, oleh sebab itu sebelum dapat menerima tawaran sponsored content post Anda harus menaikkan followers di tiktok. 

Terdapat beberapa cara agar followers di tiktok meningkat, salah satunya ada menjadi FYP di tiktok, mengupload video menarik dan lain sebagainya. 

Anda juga harus memiliki banyak sekali ide untuk konten tiktok agar promosi bisnis dapat berjalan secara lancar. 



Cara Sukses Raih 100 Juta Pertama dari Tiktok

Jika jumlah follower Anda di tiktok banyak sekali, ditambah lagi jika jumlah dan tayangan video di tiktok atau video yang Anda unggah banyak sekali atau bahkan menjadi FYP. 

Dengan begitu Anda akan mudah dijadikan sponsored content post di aplikasi tiktok. 

Terdapat beberapa cara agar followers di tiktok meningkat drastis, yang pertama adalah menemukan niche konten, yang kedua adalah meng-upload video yang menarik dan mengedit video terlebih dahulu sebelum diposting. 


baca juga : Mengenal Fitur-fitur Tiktok untuk Memaksimalkan Penjualan


Yang ketiga adalah konsisten atau terjadwal, konsisten di sini adalah jam jam Anda memposting video tersebut, cara ini ampuh menarik followers. 

Selanjutnya adalah optimasi profil tiktok, mengikuti challenge di tiktok yang tengah viral, kolaborasi dengan pengguna tiktok lainnya, meng-upload konten Anda ke media sosial lain seperti instagram, Facebook dan lain-lain. 

Cara terakhir adalah meng-upload di jam prime time atau jam-jam tertentu. Pastikan Anda memposting video selanjutnya di jam yang sama. 

Cara mendapat uang dari tiktok saat followers Anda telah tinggi adalah dari donasi yang diberikan fans ketika Anda live streaming di tiktok. 

Tiktok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang tunai. Jadi konsep live streaming pada tiktok hampir sama dengan platform twitch atau like, yaitu stiker yang bisa ditukar dengan uang tunai. 

Stiker yang dikirim viewer ini didapat dan diberikan hanya untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten tiktok. 

Maka Anda harus mengusahakan untuk membuat konten yang bermanfaat. Alasan mengapa stiker yang Anda dapat bisa diuangkan adalah karena para fans atau viewer mendapat stiker tersebut dengan cara membelinya juga. 


2. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara selanjutnya adalah dengan cara menjadi tiktok manager, Anda dapat mengelola akun tiktok milik seseorang agar lebih berkembang secara pesat, sasarannya bukan hanya conten creator namun beberapa brand atau perusahaan yang menggunakan tiktok untuk promosi bisnis. 

Jasa pengelola akun tiktok biasanya memiliki tugas-tugas tertentu yang harus dipenuhi. 

Beberapa tugas jasa pengelola akun yaitu meningkatkan followers, jumlah tayangan video hingga engagemet dan jumlah like. 

Jasa pengelola juga bertugas sebagai pengatur strategi content marketing, mengembangkan ide kreatif konten tiktok, mengelola tawaran kerja sama dan lain hal sebagainya. 

Cara ini adalah cara yang cocok untuk Anda yang paham seluk beluk dunia marketing.

 

baca juga : Jenis Konten yang Paling Diminati di Tiktok


3. Jual Beli Akun TikTok

Apabila Anda telah mahir dalam membangun engangement dengan followers maka cara paling baik menghasilkan uang di tiktok adalah jual beli akun, konsepnya amat simpel hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun dengan minat pada topik  tertentu, menumbuhkan followers, jumlah tayangan, like dan engagement serta membangun komunitas dengan peminat topik yang sama. 

Apabila akun menjadi besar, Anda dapat menjual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama. Target promosi yang dibutuhkan brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama persis dengan bidang bisnis mereka. 

Maka, jika Anda telah membangun akun lengkap dengan followers yang sesuai dengan kebutuhan brand maka Anda akan membantu brand dengan target market bertemu. 

Cara yang ini umum dilakukan, hal ini dikarenakan masih belum banyak brand yang dapat menghandle akun dari nol. 




Ditambah lagi jika Anda bisa membuat akun sebanyak yang Anda mampu. Anda juga dapat bereksperimen membangun komunitas pasar dan mengelola akun dengan berbagai topik atau minat.

 Jika itu terjadi maka semakin banyak pula akun yang bisa Anda jual nanti. Anda juga dapat mendisplay akun yang Anda jual di website khusus agar lebih berkesan profesional. 


baca juga : Tips dan Trik Mempromosikan Produk agar Laris Manis


4. TikTok Marketing dan Agensi Influence

Bagi Anda yang memiliki suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi tiktok maka cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan tiktok ads, hal ini sama halnya dengan Facebook ads atau Instagram ads.

Karena tiktok mempunyai algoritma yang dapat membantu iklat Anda terlihat oleh sasaran yang Anda inginkan, misal bisnis yang berada di bidang kuliner. 

Jika bisnis Anda berada di ranah kuliner maka iklan yang diperlihatkan ke user yang memiliki minat yang sama yaitu hal yang dapat terjadi karena tiktok mereka seluruh histori tontonan user untuk memberikan iklan yang lebih terlihat oleh sasaran yang Anda inginkan. 


Jika jumlah follower Anda di tiktok banyak sekali, ditambah lagi jika jumlah dan tayangan video di tiktok atau video yang Anda unggah banyak sekali atau bahkan menjadi FYP.   Dengan begitu Anda akan mudah dijadikan sponsored content post di aplikasi tiktok.   Terdapat beberapa cara agar followers di tiktok meningkat drastis, yang pertama adalah menemukan niche konten, yang kedua adalah meng-upload video yang menarik dan mengedit video terlebih dahulu sebelum diposting.

=Tiktok dapat merekam semua histori tontonan user untuk memberi iklan yang lebih personal. 

Hal itu dilakukan karena selain target ke audiens lebih familiar dengan brand Anda dan akan semakin tertarik membeli produk yang Anda promosikan. 

Jika Anda dapat mengikuti panduan tiktok ads terlengkap yang telah kami sediakan. Anda juga memerlukan metode yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influence tiktok. 

Agensi influence tiktok biasanya menjadi perantara, manajemen, koordinator hingga perjanjian iklan.

 Contohnya mencarikan influence yang tepat, mengatur konsep iklan hingga menjadi pengelola kerja sama. 

Walau sebenarnya tiktok telah mempunyai platform khusus untuk creator marketplace karena di sana terdapat fitur spesifik yang bekerja sama dengan influence. 


baca juga : Meraih Ribuan Pengikut Organik dalam Seminggu


Pada umumnya biaya yang harus dikeluarkan lumayan besar, hal ini dikarenakan biaya harus dibagi dengan pihak influence, pembuatan konten, hingga komisi bagi tiktok itu sendiri. 

Di situ Anda bisa mengambil kesempatan dengan menberi harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang ditawarkan oleh aplikasi tiktok itu sendiri. 

Cara ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki keahlian konten marketing dan video marketing. Karena tak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influence ini. 

Di negara kita Indonesia agensi influence masih amat jarang, dengan tingginya pengguna tiktok di Indonesia maka peluang Anda masih terbuka sangat lebar. 

Apa saja tips monetisasi di aplikasi tiktok?

Setelah Anda mengetahui segala cara agar mendapat banyak uang di aplikasi tiktok, kini Anda dapat belajar cara dan mengetahui serta menjalankan tips monetisasi di aplikasi tiktok ini. 

Beberapa tips agar proses monetisasi Anda berjalan lancar dan lebih maksimal akan kami ulas di dalam artikel kali ini, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 


1. Menetapkan Niche Akun dan Setting Target

Akun tiktok amat berpengaruh pada pemasukan Anda, ditambah lagi jika Anda melajukan cara sponsored content post, jasa pengelola akun dan jual beli akun. 

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menentukan niche akun atau topik akun. Setelah itu cobalah untuk mengoptimasi akun dengan lebih spesifik, misalnya kuliner, teknologi dan lainnya. 

Anda dapat menulis minat di bio profil, menonton video dengan niche yang sama di pencarian topik, saling follow dengan user di topik yang sama, membuat video seputar topik yang diinginkan,

 menggunakan hashtag yang sesuai, melakukan challenge viral yang bisa Anda sesuaikan dengan topik yang Anda angkat. Ini penting karena anda bisa masuk FYP jika makin besar. 

Setelah itu Anda dapat menyeting target, Anda dapat menyeting target pemasukan, gunakan tiktok money calculator dari influence marketing hub. 

Hal tersebut dapat dilakukan baik bagi tiktokers dan juga agensi influence. Jika Anda seorang agensi influence maka money calculator akan dapat membantu anda memperkirakan biaya endorsement para tiktokers. 

baca juga :  Cara Mendapatkan Centang Biru di TikTok


2. Optimasi Konten Agar Masuk FYP

Rekomendasi konten yang terdapat pada homepage user saat pertama kali membuka aplikasi adalah FYP atau for your page. 

Konten Anda dapat dilihat banyak orang sehingga like dan jumlah tayangan semakin meningkat, ini yang menguntungkan jika Anda masuk FYP. Oleh sebab itu banyak tips yang perlu diterapkan jika Anda ingin masuk FYP. 

Cara masuk FYP adalah dengan membuat konten yang tengah trend, Anda juga dapat mengemas video yang sedang trend dengan niche konten, editlah sesuai dengan ciri khas Anda. 

Anda juga dapat menulis caption dengan tepat agar tiktok melihat konten Anda sesuai dengan trend atau kata kunci. Usahakan anda membuat caption yang menarik dan interaktif dengan viewer misal berupa pertanyaan atau tantangan. 


Jika jumlah follower Anda di tiktok banyak sekali, ditambah lagi jika jumlah dan tayangan video di tiktok atau video yang Anda unggah banyak sekali atau bahkan menjadi FYP.   Dengan begitu Anda akan mudah dijadikan sponsored content post di aplikasi tiktok.   Terdapat beberapa cara agar followers di tiktok meningkat drastis, yang pertama adalah menemukan niche konten, yang kedua adalah meng-upload video yang menarik dan mengedit video terlebih dahulu sebelum diposting.


Cobalah untuk menggunakan lagu yang sedang populer walau video singkat kurang dari satu menit, Anda juga perlu menggunakan lagu yang sesuai dengan konten. 

Gunakan juga hastag yang sesuai, agar video Anda mudah ditemukan para fitur pencarian, Anda juga bisa membuat konten yang memancing audiens menonton hingga akhir, karena itu juga memungkinkan rating video Anda meningkat. 

Anda juga harus menjadi pengguna yang interaktif, saling berkomentar, menberi like, folkow pada konten yang masuk FYP serta menerapkan langkah awal interaksi. 

Bangunlah komunikasi ke sesama user agar akun Anda memiliki engangement yang amat kuat, Anda juga dapat membuat konten yang step by step video, tutorial, duet atau kolaborasi dengan kreator lainnya. 


baca juga : 16 Daftar Tiktokers Paling Sukses di Indonesia


3. Meningkatkan Followers

Agar cara monetisasi tiktok berhasil adalah dengan meningkatkan follower, namun membeli followers bukanlah jawaban karena kita akan mendapat uang bukan membuang uang. 

Apabila Anda ingin mendapat followers organik di tiktok adalah dengan cara menemukan niche konten yang bertujuan untuk meraih dan mengumpulan followers dengan minat yang sama dan spesifik sehingga dapat menerima informasi yang bersifat komersial seperti sponsored content post. 

Postinglah video yang menarik, editlah video Anda sebelum Anda menguploadnya, tambahkan potongan lagu, thumbnail video, kualitas video, transisi video yang rapi bahkan subtitle dan postinglah video secara konsisten dan terjadwal. 

Perlu Anda garisbawahi bahwa trend tiktok selalu berubah, Anda perlu mencoba sesuatu yang baru dan mengikuti trend dengan konsisten. 

Anda juga harus berkolaborasi dengan pengguna tiktok lainnya, tiktok juga memiliki fitur stich agar Anda bisa duet dengan tiktok lainnya. 

Cara ini cukup berhasil agar konten Anda tidak monoton dan dapat menambah followers, like bahkan bisa menjadi FYP. Postinglah konten Anda di jam-jam prime time, karena konten Anda akan sia-sia jika tak ada yang melihat. 

2 comments for " Cara Sukses Raih 100 Juta Pertama dari Tiktok"