Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Strategi Marketing untuk Pemula, Dijamin Cuan Terus Mengalir!

Strategi Marketing Untuk Pemula - Saat hendak memulai sebuah bisnis, tentu ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Selain produk yang akan Anda jual, adanya strategi marketing juga tak boleh terlewatkan.

Dalam hal ini, setiap wirausaha akan mampu memasarkan produknya dengan tepat. Baik bisnis dengan skala yang besar maupun terkecil pasti memiliki strategi marketingnya masing-masing. 

Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih pasar yang tepat sehingga bisa menarik banyak orang untuk membeli barang yang Anda pasarkan.

Nah, bagaimana dengan pebisnis pemula? Jangan khawatir, ada beberapa strategi marketing yang dapat Anda aplikasikan saat menjalankan bisnis tersebut. 

Dalam artikel berikut ini, kami telah merangkum mengenai strategi marketing yang baik untuk pemula. 


Strategi Marketing untuk Pemula

Untuk membangun sebuah usaha, seorang wirausaha haruslah memiliki strategi marketing yang tepat. Tentu saja, setiap satu orang dengan yang lainnya pasti memiliki strategi yang berbeda-beda. 

Kendati demikian, berikut adalah beberapa strategi marketing yang dapat Anda lakukan :


Mengenali Pelanggan atau Pasar

Hal pertama yang tidak boleh terlewatkan yaitu dengan mengetahui segmen pasar. Mengapa hal itu harus Anda perhatikan? Ya, karena pasar atau pelanggan lah yang nantinya akan mengguakan produk atau jasa yang Anda buat.

Untuk mengenali pasar, kenali dahulu siapa yang akan menggunakan produk yang Anda jual. Misalnya saja, jika Anda menargetkan anak-anak sekolah, sebaiknya sasaran yang akan Anda bidik yaitu anak-anak di usia sekolah.

Semakin menyudut dan kecil pasar yang Anda bidik, maka peluang untuk mendapatkan cuan akan semakin besar.


Memilih Lokasi Pemasaran

Selain target pasar, lokasi pemasaran juga perlu Anda perhatiakn. Karena jika seorang wirausaha menjalankan sebuah bisnis, tentu saja memelukan lokasi yang strategis dan tepat untuk pemasaran produknnya.

Misalnya saja, jika target pasar Anda adalah seorang pelajar, maka Anda harus memilih lokasi terdekat dengan sekolah. Semakin lokasi Anda dekat dengan pasar terget, maka akan semakin mudah bisnis Anda diketahui oleh pelanggan.


Menawarkan Promo Menarik



Strategi Marketing untuk Pemula, Dijamin Cuan Terus Mengalir!


Startegi lainnya yang dapat Anda terapkan yaitu dengan menawarkan berbagai promo-promo menarik. Misalnya saja diskon hingga 50%, buy one get one free atau promo yang lainnya.

Buatlah promo semenarik mungkin, dimana jika pelanggan mendengar atau melihat promo yang Anda tawarkan menjadi tertarik dan ingin membeli produk tersebut. 

Kendati demikian, tetap perhitungkan untun dan kerugian bisnis Anda. Pastikan hal tersebut tidak menjadikan Anda semakin rugi

Melalu promo yang Anda buat, seseorang yang awalnya tidak berminat untuk membeli kemungkinan besar bisa tertarik dengan produk Anda. 

Mungkin saja awalnya hanya mencoba-coba, namun siapa tahu ternyata mampu membuka jalan pelanggan tetap Anda.


Mengikuti Tren dan Perkembangannya

Salah satu strategi yang tidak boleh Anda lupakan yaitu dengan mengikuti perkembangan zaman dan juga tren yang sedang diminati pasar. 

Dapat dikatakan tren, jika produk tersebut mampu menjadi pusat pembicaraan dan juga pusat perhatian banyak orang. Sehingga membuat beberapa orang berbondong-bondong menggunakan produk tersebut.

Buatlah inovasi baru dari produk yang sedang tren untuk menarik pelanggan membeli produk Anda.

Misalnya saja jika Anda menjual sepatu sekolah, maka pasarkanlah produk dengan tren yang ada. Lakukan inovasi yang lebih baik dari pada produk yang sedang ada. 

Hal itu mampu membuat pelanggan tidak merasa bosan dengan produk yang Anda jual dan ingin membelinya. Dengan kata lain, Anda mampu menarik pasar dan menghasilkan lebih banyak cuan.


Memanfaatkan Media Sosial

Tak bisa diragukan lagi, jika media sosial kini mampu menjadi jalan berbisnis. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan promosi melalui media sosial. Anda bisa memanfaatkan instagram, facebook, TikTok dan masih banyak lagi.

Dengan memsangkan iklan melalui media sosial, produk yang Anda jual akan lebih terlihat dan dikenal oleh khalayak umum. Media sosial mampu menjangkau pemirsa yang lebih banyak dengan waktu yang sangat cepat.

Dengan kata lain, semakin banyak orang yang melihat iklanmu, maka semakin banyak pula uang yang akan Anda dapatkan.


Teknik Digital Marketing untuk Pemula

Selain strategi marketing untuk pemula, seorang wirausaha juga harus memasarkan produk menggunakan digital marketing. Meski demikian masih banyak cara yang dapat Anda lakukan.

Anda tidak perlu lagi menggunakan layanan jasa digital marketing profesional, karena bagi setiap pebisnis pemula dapat melakukan pemasaran secara mandiri.

Berikut ini adalah beberapa teknik digital marketing yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan omset penjualan Anda.


Sosial Media Marketing

Tak perlu Anda ragukan lagi, bahwa sosial media menjadi salah satu media pemasaran yang paling banyak dilakukan oleh para wirausaha. 

Hal itu karena hampir seluruh orang pasti memiliki sosial media. Mulai dari yang muda hingga yang tua pasti memiliki sosial media.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempromosikan bisnis. Buatlah konten yang menarik, dan mampu menarik konsumen untuk melihatnya. 

Dalam teknik ini, Anda harus memperhatikan sosial media mana yang berpotensi menghasilkan cuan lebih banyak.

Pelajari sosial media yang paling banyak digunakan oleh konsumen saat ini. Pilihlah target yang telat sejak awal sehingga pemasaran yang Anda lakukan mampu menghasilkan angka penjualan secara maksimal.


Affiliate Marketing

Sebagai seorang wirausaha, tentu Anda tidak asing dengan kalimat affiliate marketing ini. Dalam dunia marketing Affiliate sudah lama dikenal dan sudah diminati beberapa pengusaha untuk malakukan pemasaran. 

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menggunakan layanan yang sudah tersedia oleh beberapa perusahaan.

Untuk menjangkau secara global, Anda bisa melakukannya pada Amazon, eBay, dan yang lainnya. Sedangkan untuk menjangkau skala domestik, Anda bisa menggunakan Blibli, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Afiliasi ini juga bisa mengiklankan usaha yang Anda buat kepada pengikut atau bahkan teman-teman yang berada dalam circle media sosial. Dengan begitu, Anda tak perlu risau karena dengan sangat mudah cuan bisa Anda dapatkan.


SEO

SEO atau Search Engine Optimazition saat ini menjadi salah satu teknik yang memiliki banyak peminatnya dalam dunia digital marketing. 

Dengan mempelajari SEO, bisnis yang Anda jalankan lebih mudah untuk diketahui oleh banyak orang. Dengan demikian, besar kemungkinan bagi agar Anda mendapatkan uang lebih banyak melalui SEO.

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menyelipkan produk tersebut dalam konten artikel yang Anda buat. Untuk menentukan keyword yang pas, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Agar statiis grafik yang datang juga tinggi dan dengan target yang tepat.

Meski demikian, untuk mempelajari teknik marketing ini, Anda juga harus banyak-banyak belajar. Karena hal ini tidak akan instan dan butuh waktu yang cukup lama untuk melihat hasilnya.


PPC

PPC atau Pay Per Click ini adalah sebuah teknik pemasaran yang dapat Anda lakukan dengan memasang iklan pada sebuah media. 

Layanan ini dapat Anda dapatkan pada beberapa perusahaan besar sepeti facebook, google dan lain sebagainya.

Yang perlu Anda lakukan yaitu memilih sebuah media yang pas dan sesuai dengan produk Anda. Nanti, dengan sendirinya konsumen yang telah Anda targetkan akan melihat iklan yang telah terpasang.

Dengan melakukan PPC ini, biaya yang harus Anda bayar menyesuaikan dengan berapa kali seseorang mengklik iklan yang Anda pasang.


Google Bisnisku

Sebagai salah satu layanan yang telah disediakan oleh google, Teknik Google bisnisku ini dapat Anda terapkan untuk menghasilkan cuan yang banyak. Melalui teknik ini, Anda dapat memperkenalkan bisnis kepada khlayak ramai. 

Anda bisa menuliskan secara detail tentang bisnis yang Anda miliki. Mulai dari alamat, kontak yang dapat dihubungi, penilaian pelanggan, dan masih banyak lagi. 

Terlihat dangat mudah dan simple, namun hal ini dianggap cukup efektif karena mampu menjangkau pasar yang lebih luas.


Content Marketing


Strategi Marketing untuk Pemula, Dijamin Cuan Terus Mengalir!




Teknik content marketing ini dapat pula dilakukan kepada para wirausaha dengan cara membuat dan mendistribusikan sebuah konten produk. 

Untuk menghasilkan sebuah konten yang berkualitas, para seorang wirausaha haruslah membuat konten yang penting, relevan, dan juga konsisten dalam membuatnya.

Konten relevan memang sangat penting, namun harus ada unsur yang lebih penting agar konsumen dapat tahu apa yang Anda jual dengan mudah. 

Buatlah konten yang menarik agar mereka tertarik untuk melihat dan membaca konten hingga selesai.

Akan lebih baik lagi, jika konsumen tertarik untuk membeli produk yang Anda pasarkan. Selain itu, lakukan pembuatan konten tersebut secara konsisten sehingga bisnis Anda terlihat lebih aktif dan update.

Jika ketiga hal tersebut telah terpenuhi, maka dengan mudah para konsumen akan berdatangan dan melakukan transaksi kepada produk yang Anda miliki. 


Email Marketing

Teknik terakhir yang dapat menghasilkan uang untuk seorang wirausaha Anda yaitu melalui email marketing

Teknik ini dapat Anda lakukan dengan mengirimkan sebuah pesan pribadi kepada calon konsumen bisnis. 

Cara ini terbilang cukup efektif dan masih sering digunakan meski sudah terbilang sebagai teknik yang cukup lama.

Untuk seorang wirausaha, hal ini dianggap cukup mudah. Hanya dengan membuat email yang tepat dan mengirimkan ke beberapa orang agar email dapat mereka baca. 

Dengan cara demikain, tunggulah hingga ada konsumen yang tertarik untuk membeli produk Anda.

Meski demikian, ada hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya yaitu dengan membuat nama email yang berkualitas dan mampu meyakinkan konsumen

Buatlah tulisan yang berkualitas dan mampu membuat pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi.

Cantumkan link situs bisnis yang Anda miliki, Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon atau cara untuk melakukan pemesanan. Jika hal itu telah Anda lakukan, dengan mudah Anda akan mendapatkan uang dari penjualan tersebut.


Kesimpulan Strategi Marketing untuk Pemula

Memang bukan hal yang muda bagi seorang pebisnis pemula untuk membuat strategi marketing. Namun, beberapa cara di atas dapat Anda gunakan untuk membantu bisnis Anda agar tidak mengalami kerugian. 

Yang terpenting, tetap lakukan perubahan-perubahan dan jangan hanya diam dalam kondisi nyaman dan teruslan berinovasi untuk membuat produk dan strategi pemasaran yang lainnya.

Demikain artikel mengenai strategi marketing untuk pemula ini kami buat. Semoga Anda tertarik mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa juga untuk terus baca artikel kami yang lainnya yang pasti akan membantu Anda untuk memulai bisnis baru. 


Post a Comment for "Strategi Marketing untuk Pemula, Dijamin Cuan Terus Mengalir!"